Momen Angelique Widjaja Permalukan Si Cantik Anna Kournikova di US Open

Jumat, 15 Mei 2020 14:07 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© AFP/Jacques Demarthon
Momen Angelique Widjaja Permalukan Si Cantik Anna Kournikova di US Open Copyright: © AFP/Jacques Demarthon
Momen Angelique Widjaja Permalukan Si Cantik Anna Kournikova di US Open

INDOSPORT.COM - Mengenang kembali momen tunggal putri Indonesia, Angelique Widjaja saat mempermalukan si cantik Anna Kournikova di ajang US Open.

Nama Angelique Widjaja sendiri mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta tenis Tanah Air, sebab atlet kelahiran Bandung tersebut merupakan mantan petenis putri unggulan Indonesia. 

Sepanjang karier, Angelique Widjaja memang kerap menjadi tumpuan Indonesia di berbagai ajang kejuaraan dunia. Bahkan pemain yang biasa disapa Angie ini sempat menempati peringkat 55 WTA.

Beberapa gelar juara pun pernah ia menangkan, diantaranya WTA Tour Wismilak International Tier III tahun 2001, WTA Tour Tier V di Thailand tahun 2002, serta membantu Indonesia meraih medali emas di ajang Asian Games 2002.

Dari sekian banyak pertandingan yang telah ia jalani, terdapat satu kemenangan manis dalam karer Angelique Widjaja yakni saat mengalahkan petenis senior Anna Kournikova di ajang sebesar US Open.

© Instagram@AnnaKournikova
Anna Kournikova. Copyright: Instagram@AnnaKournikovaAnna Kournikova.

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2002 silam, saat itu Angelique Widjaja yang masih berusia 17 tahun harus berhadapan dengan Anna Kournikova di babak pertama.

Secara statistik, Anna Kournikova yang empat tahun lebih tua bisa meraih kemenangan mudah atas Angelique Widjaja, apalagi dengan fakta petenis asal Rusia tersebut pernah melangkah ke babak semifinal kejuaraan Wimbledon.

Berbekal pengalaman tampil di banyak turnamen besar serta usia yang jauh lebih matang, setidaknya mampu membuat Anna Kournikova bermain tenang dan mudah meraih angka dalam setiap set.

Namun yang terjadi di lapangan sangat jauh berbeda. Pada pertandingan yang berlangsung di Amerika Serikat tersebut, Kournikova melakukan 40 kesalahan sendiri, bahkan empat di antaranya adalah kesalahan ganda.

Imbasnya, sang wakil Indonesia berhasil meraih kemenangan skor  6-3, 6-0, sekaligus memastikan diri melangkah ke babak kedua dan berhadapan dengan Stephanie Foretz dari Prancis.

Melansir dari laman independent, disebutkan jika Anna Kournikova tampil sangat kurang percaya diri dan terlihat dari jumlah pukulannya yang tidak mampu menghasilkan poin saat melakukan service.

"Saya pikir saya bermain dengan cara yang salah. Saya berusaha untuk kembali menjadi pemenang namun berada di waktu yang tidak tepat," ucap Anna Kournikova dilansir laman New York Times.

Sebelum tampil di US Open 2002, Anna Kournikova memang sempat mengalami cedera parah seperti stress fractures di kaki kiri dan membuatnya absen dalam dua belas turnamen WTA.

Meski berhasil mengalahkan salah satu petenis unggulan, sayangnya kegelimangan Angelique Widjaja tidak mampu berlanjut di babak selanjutnya dan menyerah dari Stephanie Foretz dengan skor 7-5 dan 6-1.