3 Lawan yang Paling Sulit Dikalahkan Taufik Hidayat: Ada Calon Artis

Sabtu, 16 Mei 2020 12:46 WIB
Editor: Coro Mountana
© VCG/VCG via Getty Images
3 Lawan yang Paling Sulit Dikalahkan Taufik Hidayat: Ada Calon Artis Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
3 Lawan yang Paling Sulit Dikalahkan Taufik Hidayat: Ada Calon Artis

INDOSPORT.COM – Di antara 3 lawan yang paling sulit dikalahkan Taufik Hidayat, salah satunya kini telah menjadi seorang artis terkenal.

Nama Taufik Hidayat dalam seminggu terakhir, mendadak menghiasi sejumlah pemberitaan di Indonesia. Hal itu tak lepas dari pernyataannya kepada Deddy Corbuzier di akun Youtube yang mengundang berbagai kontroversi.

Tapi di luar itu, Taufik Hidayat memang merupakan salah satu legenda bulutangkis di sektor tunggal putra bagi Indonesia. Berbagai macam gelar dan lawan pernah dikalahkan oleh Lin Dan.

Akan tetapi dari sekian banyak musuh yang dihadapi oleh Taufik Hidayat, ternyata ada 3 yang paling susah dikalahkan. Menariknya lagi, salah satunya merupakan seorang calon artis, siapa saja yang bisa menyulitkan legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat?

Lin Dan

Pertama, tentu saja ada legenda bulutangkis China yang juga menyandang status sebagai 4 kaisar bersama Taufik Hidayat yaitu Lin Dan. Dari sisi rekor pertemuan, Taufik Hidayat hanya mampu mengalahkan Lin Dan sebanyak 4 kali dari 17 kali bertemu.

Lin Dan yang merupakan seorang kidal tampak membuat Taufik Hidayat kesulitan akibat pukulan bola yang kerap tak terduga. Meskipun beberapa kali Taufik Hidayat sanggup menjinakan, tetap saja Lin Dan adalah momok menakutkan.

Kemenangan terakhir yang bisa dipetik oleh Taufik Hidayat terjadi pada Asian Games 2006 dengan skor ketat 21-15, 22-20. Selebihnya, Taufik Hidayat hingga pensiun selalu kalah dalam 10 pertemuan terakhir dengan Lin Dan.

Bao Chun Lai 

Lawan selanjutnya yang kerap membuat Lin Dan kesulitan adalah kompatriot Lin Dan, Bao Chun Lai yang juga merupakan calon artis. Menurut situs Choneemov, Bao Chun Lai yang pensiun pada 2011 lalu, kini telah banting stir menjadi seorang artis.

Mulai dari Soul Transfer Station (2012), Full Strike (2015), The Match (2016), Boonie Bears (2017), hingga Confident (2019). Kembali ke soal Taufik Hidayat yang juga sulit mengalahkan Bao Chun Lai, ternyata dari segi rekor pertemuan menjadi bukti.

© KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Bao Chunlai pebulutangkis asal China. Copyright: KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty ImagesBao Chunlai pebulutangkis asal China.

Bagaimana tidak,  Taufik Hidayat hanya bisa menang 5 kali dari total 14 kali bertemu dengan Bao Chun Lai. Meski begitu, pertemuan terakhir antar kedua pemain, ternyata bisa dimenangkan oleh Taufik Hidayat di ajang Indonesia Open 2011.

Lee Chong Wei 

Terakhir, adalah sesama anggota 4 kaisar bulutangki yaitu Lee Chong Wei, asal Malaysia. Bertanding dalam 23 kali, Taufik Hidayat ternyata hanya bisa menang 8 kali saja, sedangkan sisanya selalu berakhir dengan kekalahan.

Bahkan dalam 4 pertemuan terakhir, Taufik Hidayat selalu dipaksa meraih kekalahan atas Lee Chong Wei. Kemenangan terakhir Taufik Hidayat atas Lee Chong Wei terjadi di BWF World Championships 2010 dengan skor ketat, 21-15, 11-21, 21-12.