Persaingan Ketat Susy Susanti vs Bang Soo Hyun di 3 Final Besar

Sabtu, 16 Mei 2020 16:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992). Copyright: © AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992).

INDOSPORT.COMSusy Susanti pernah terlibat dalam persaingan sengit melawan tunggal putri Korea Selatan Bang Soo Hyun di tiga panggung besar bulutangkis dunia.

Di tahun 1990-an saat Susy Susanti menjadi salah satu tunggal putri terbaik dunia, dirinya mendapatkan saingat berat asal Korea selatan, Bang Soo Hyun.

Pada era itu, tanpa mengecilkan nama tunggal putri bulutangkis lainnya seperti Tang Jiuhong, Huang Hua dan Ye Zhaoying, persaingan Susy Susanti vs Bang Soo Hyun bisa dibilang merupakan yang paling menarik pada dekade itu.

Sebab Susy dan Bang Soo Hyun bukan hanya sekadar saling bertemu dan mengalahkan. Namun pertemuan mereka terjadi di momen-momen krusial, turnamen-turnamen penting. Mulai dari final Olimpiade, final Kejuaraan Dunia hingga final All England.

Susy Susanti vs Bang Soo Hyun

Jika merujuk secara keseluruhan, persaingan antara Susy Susanti vs Bang Soo Hyun telah terjadi di 17 pertandingan sepanjang sejarah.

Dalam jumlah itu, Susy Susanti unggul cukup signifikan dengan total 12 kemenangan. Atau artinya Bang Soo Hyun hanya bisa lima kali mencuri kemenangan.

Namun di antara jumlah itu juga, seperti disebutkan sebelumnya, ada tiga momen besar Susy Susanti vs Bang Soo Hyun harus saling mengalahkan.

Dimulai pada ajang Olimpiade Atalanta 1992, ketika Susy Susanti harus saling berhadapan melawan Bang Soo Hyun di partai final.

Dalam pertandingan yang merupakan pertemuan ketiga mereka sepanjang sejarah itu. Hasilnya seperti yang sudah banyak diketahui, Susy Susanti bisa keluar sebagai pemenang. Sekaligus membawa medali emas ke Tanah Air, meski sempat kehilangan set pertama, dalam kedudukan akhir 5-11, 11-5, dan 11-3.

Setahun berselang, persaingan antar Susy Susanti vs Bang Soo Hyun juga harus kembali terjadi di partai final turnamen bergengsi, kala itu adalah Kejuaraan Dunia 1993, yang berlangsung di Birmingham Inggris.

Hasilnya, sekaan mengulang apa yang terjadi di Olimpiade sebelumnya. Susy Susanti juga kembali keluar sebagai pemenang. Lewat comeback, usai sempat mengaku kalah di set pertama dari Bang Soo Hyun. Kala itu Srikandi Indonesia tersebut menang dalam kedudukan akhir, 7-11 11-9 dan 11-3.

Masih di tahun yang sama, persaingan antara Susy Susanti vs Bang Soo Hyun seakan memang sudah ditakdirkan menjadi serial trilogi. Mereka kembali bertemu dalam sebuah laga final turnamen bergengsi All England 1993.

Hasilnya, di laga final All England 1993 itu, Susy jugalah yang keluar sebagai pemenang. Sekaligus mendominasi persaingan melawan Bang Soo Hyun dalam pertandingan tiga set, 4-11 11-4 dan 11-1.

Bang Soo Hyun sendiri sebenarnya bisa mebalaskan tiga kekalahan dari Susy Susanti itu di dua kesempatan lainnya dalam ajang Olimpiade 1996 dan All England 1996. Namun bedanya ketika itu, kemenangan Bang Soo Hyun atas Susy Susanti bukan terjadi di pertandingan final, melainkan di laga semifinal.