5 Pebulutangkis yang Pernah Jadi Pasangan Tontowi Ahmad

Senin, 18 Mei 2020 16:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Humas PBSI
Berikut kami sajikan 5 pebulutangkis yang pernah jadi pasangan Tontowi Ahmad. Copyright: © Humas PBSI
Berikut kami sajikan 5 pebulutangkis yang pernah jadi pasangan Tontowi Ahmad.

INDOSPORT.COMTontowi Ahmad telah memutuskan untuk berhenti dari dunia bulutangkis alias pensiun. Berikut kami sajikan 5 pebulutangkis yang pernah jadi pasangan Tontowi Ahmad.

Kabar soal bakal pensiunnya Tontowi Ahmad memang sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu, di mana dirinya sudah menyampaikan keinginannya kepada pelatih ganda campuran PBSI, Richard Mainaky.

Namun pada Senin (18/05/20) hari ini, pebulutangkis Tontowi Ahmad akhirnya secara resmi mengumumkan keputusan untuk mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya itu.

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," katanya.

"Kadang susah, kadang senang tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan," tulis Tontowi Ahmad.

Prestasi Tontowi Ahmad sendiri terbilang fantastis saat ia dipasangkan dengan Liliyana Natsir. Bagaimana tidk, pasangan Owi/Butet itu telah mempersembahkan beberapa gelar prestisius.

Bersama dengan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad berhasil mencapai puncak kesuksesan tertinggi dengan meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, menjadi Juara Dunia dua kali dan meraih medali perak di Asian Games serta gelar-gelar Super Series lainnya.

Terlepas dari Liliyana Natsir, nyatanya ada deretan pebulutangkis lain yang sempat jadi pasangan Tontwoi Ahmad selama karier profesionalnya.

Debby Susanto

© instagram.com/debbysusanto
Debby Susanto Copyright: instagram.com/debbysusantoDebby Susanto pernah jadi pasangan Tontowi Ahmad.

Menurut laporan situs resmi BWF, pasangan Tontowi Ahmad/Debby Susanto telah bermain sejak 2014 lalu. Terhitung, pasangan ini sudah memainkan lima pertandingan.

Dari lima pertandingan yang dimainkan oleh Tontowi/Debby, mereka berhasil menorehkan kemenangan sebanyak tiga kali dan tumbang dua kali.

Winny Oktavina Kandow

© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus mengakui keunggulan pasangan China, Wang Yilyu/Huang Dongping di perempatfinal China Open Copyright: Humas PBSITontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus mengakui keunggulan pasangan China, Wang Yilyu/Huang Dongping di perempatfinal China Open.

Winny Oktavina Kandow merupakan pasangan yang cukup sering ‘menemani’ Tontowi Ahmad. Keduanya tampil terakhir kali pada ajang Hong Kong Open 2019.

Pada ajang tersebut, Tontowi/Winny harus tersingkir di babak 32 besar setelah tumbang di tangan pasangan Jepang Takuro Hoki/Wakana Nagahara (20-22, 18-21).

Apriyani Rahayu

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putri unggulan kedelapan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sukses mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, di Semifinal Indonesia Masters 2020. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putri unggulan kedelapan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sukses mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, di Semifinal Indonesia Masters 2020.

Selanjutnya ada sosok Apriyani Rahayu, yang merupakan pasangan terakhir Tontowi Ahmad. Keduanya tampil di Indonesia Master 2020 kemarin.

Namun langkah pasangan Tontowi/Apriyani harus terhenti di babak 16 besar. Mereka dikalahkan oleh pasangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Della Destiara Haris

© Badminton Indonesia
Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris di debutnya dalam Hong Kong Open 2018. Copyright: Badminton IndonesiaTontowi Ahmad/Della Destiara Haris di debutnya dalam Hong Kong Open 2018.

Tontowi Ahmad nyatanya juga pernah dipasangkan dengan Della Destiara Haris. Menurut laman BWF, keduanya baru tampil satu kali di ajang Hong Kong Open 2018.

Pada ajang tersebut, Tontowi/Della harus tumbang di babak 32 besar dari wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino (15-21, 9-21).

Gloria Emanuelle Widjaja

© PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja Copyright: PBSIPasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja.

Terahir, nama Gloria Emanuelle Widjaja juga pernah menjadi mantan pasangan Tontowi Ahmad. Terhitung, mereka sudah memainkan sembilan pertandingan.

Masih dari sumber yang sama, yakni laman resmi BWF, Tontowi/Gloria berhasil menorehkan enam kemenangan dan kalah tiga kali dari sembilan laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%