Detik-detik Taufik Hidayat Ngamuk Usai Dirugikan Wasit di Asian Games

Senin, 18 Mei 2020 10:33 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Andrew Wong/Getty Images
Inilah detik-detik legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat usai dirugikan oleh wasit di gelaran Asian Games 2002. Copyright: © Andrew Wong/Getty Images
Inilah detik-detik legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat usai dirugikan oleh wasit di gelaran Asian Games 2002.

INDOSPORT.COM -  Inilah detik-detik legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat usai dirugikan oleh wasit di gelaran Asian Games 2002.

Dari video yang diunggah oleh Instagram akun @ftosports.co, momen ketika Taufik Hidayat ngamuk terjadi ketika dirinya berhadapan dengan Shon Seong-mo di final beregu Asian Games saat Indonesia bertemu dengan Korea Selatan.

Ketika itu, terjadi rally panjang antara Taufik Hidayat dan Shong Seong-mo, di mana kedua tunggal putra tersebut tampak saling berjual-beli serangan dan memainkan netting-netting apik.

Namun suatu ketika pukulan dropshot yang diarahkan Taufik Hidayat ke sisi kiri pertahanan wakil Korea Selatan yang seharusnya sudah jelas masuk, malah diputuskan sebaliknya oleh wasit.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BADMINTON FOR FUN (@ftosports.co) on

Kesal dengan keputusan wasit, Taufik Hidayat pun langsung berbalik badan dan membanting raketnya, wakil Indonesia itu pun tampak enggan melanjutkan pertandingan.

Taufik Hidayat tampak sangat emosional kala itu. Ia pun datang menghampiri wasit dan mempertanyakan keputusannya bahkan tim ofisial bulutangkis Indonesia juga melancarkan serangan protes ke panitia penyelenggara.

Tidak hanya mengamuk dan kesal karena keputusan wasit, Taufik Hidayat juga meminta untuk 'time out' karena merasa keputusan wasit sama sekali tidak menguntungkan.

Akibat peristiwa tersebut, Taufik Hidayat harus menelan kekalahan dari wakil Korea Selatan, Shong Seung-mo dalam pertandingan rubber game dengan skor 13–15, 15–13, 16–17.

Tim bulutangkis putra Indonesia pun harus menelan kekalahan atas tim bulutangkis putra Korea Selatan di final beregu Asian Games 2002 usai kalah dengan skor 1-3.