Jonatan Christie Bongkar Ritual Setiap Mau Bertanding

Senin, 18 Mei 2020 20:29 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pebulutangkis asal Indonesia, Jonatan Christie membongkar semua kebiasaan atau ritual yang ia jalankan sebelum memulai pertandingan. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pebulutangkis asal Indonesia, Jonatan Christie membongkar semua kebiasaan atau ritual yang ia jalankan sebelum memulai pertandingan.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis asal Indonesia, Jonatan Christie membongkar semua kebiasaan atau ritual yang ia jalankan sebelum memulai pertandingan.

Jonatan Christie merupakan pemain bulutangkis dibidang tunggal putra. Pria yang akrab dipanggil Jojo ini memiliki beberapa gelar juara bulutangkis.

Kunci di balik kesuksesannya dalam meraih beberapa kemenangan dalam setiap pertandingan, ia memiliki kebiasaan atau ritual tersendiri sebelum memulai bermain.

“Nonton video (lawan) dari malamnya sama sebelum main biar jiangan lupa nonton lagi. Terus makannya seperti biasa, tiga jam sebelum bertanding,” kata Jonatan Christie di live Instagramnya.

Sebelum berangkat melakoni sebuah pertandingan, tentu pria yang memiliki wajah tampan ini tak luput melakukan doa dan bersiap diri demi meraih kemenangan di setiap pertandingannya.

“Sebelum berangkat doa dulu. Packing tas kalau saya sih engga terlalu mepet. Jadi kalau lagi lowong saja kaya habis sarapan ya langsung packing,” tambahnya.

Selain berdoa, ia juga kerap mendengarkan musik demi merasakan ketenangan. Untuk jenis musiknya tergantung dengan suasana yang dirasakan Jojo.

“Tiap sebelum berangkay dengerin musik biar rileks. (Jenis musik) tergantung suasana mood hati, kalau lagi butuh yang lebih semagat setel musik yang beatnya agak naik,” ungkapnya.

Dalam melakoni pertandingan ia selalu membawa beberapa peralatan yang wajib untuk laga tersebut dan selalu masuk dalam tas raketnya.

“Baju minimal 3 per pertandingan, warnanya sama semua, satu set ganti. Kalau rangking lebih tinggi bisa menetukan kita mau pakai warna apa. Raket bawa minimal 8 hingga 10 pokoknya untuk satu pertandingan,” ujarnya.

Untuk benda lain, Jonatan Christie tidak akan membawanya selagi itu tidak penting dan lebih memilih menaruhnya di dalam koper.

Sebagai seorang pebulutangkis, Jojo berhasil menjuarai beberapa turnamen seperti Asian Games 2018, SEA Games 2017, Australia Open 2019, dan Selandia Baru Open 2019.