Greysia Polii Bongkar Alasan Ganda Putri Jepang Begitu Perkasa

Kamis, 21 Mei 2020 10:56 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Megabintang bulutangkis Indonesia, Greysia Polii, secara blak-blakan membongkar alasan utama kenapa ganda putri Jepang selalu unggul dalam setiap kompetisi dunia.

Melansir dari ANTARA, Greysia Polii yang merupakan partner Apriyani Rahayu itu merasa bahwa ada perubahan signifikan dalam persaingan ganda putri dunia sejak 2012. Jepang sukses menggusur dominasi China.

Padahal, sebelumnya Greysia sangat gugup setiap kali dirinya menghadapi lawan-lawan dari China. Namun sekarang, justru Jepang yang sangat perkasa di setiap kompetisi. Jepang sering menggagalkan upaya Greysia dan pasangannya.

"Jepang dominan karena ketekunan dan gaya hidup mereka. Background mereka pekerja keras dan penurut. Itu sudah jadi image mereka," ungkapnya.

"Menurut aku, mereka gigih banget dalam latihan dan keseharian mereka dan itu yang membuat mereka berbeda. Tergantung mindset kita bagaimana," pungkasnya.

Beberapa contoh kegagalan mereka atas Jepang adalah di Asian Games 2018. Saat itu, mereka takluk dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dengan skor 15-21 dan 17-21. Mereka juga takluk di Malaysia Masters 2019 atas Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Sehingga, memang benar apa yang Greysia katakan bahwa mereka harus mengubah pola pikir atau mindset kalau ingin menumbangkan dominasi ganda putri bulutangkis dari Jepang.

Bahkan, di ranking dunia BWF (Badminton World Federation), ada tiga pasang ganda putri Jepang yang mengungguli posisi Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan Indonesia itu sendiri berada di peringkat delapan.