5 Pemain Ganda Muslim Indonesia yang Jadi Juara Dunia

Rabu, 27 Mei 2020 11:29 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Charlie Crowhurst/Getty Images
Inilah pemain bulutangkis ganda beragama Islam asal Indonesia yang berhasil menjadi Juara Dunia, siapa sajakah? Copyright: © Charlie Crowhurst/Getty Images
Inilah pemain bulutangkis ganda beragama Islam asal Indonesia yang berhasil menjadi Juara Dunia, siapa sajakah?

INDOSPORT.COM - Inilah pemain bulutangkis ganda beragama Islam asal Indonesia yang berhasil menjadi Juara Dunia, siapa sajakah?

Tanpa bermaksud mencampuradukkan antara agama dan prestasi seorang atlet bulutangkis Indonesia. Tak ada salahnya melihat pemain bulutangkis muslim Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi besar di kancah internasional.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis menjadi salah satu event major yang diselenggarakan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan termasuk ke dalam salah satu jajaran turname yang sangat prestigius.

Siapapun yang berhasil naik podium tertinggi di turnamen Kejuaraan Dunia Bulutangkis merupakan pemain yang sangat-sangat beruntung dan luar biasa, karena menjadi Juara Dunia bukanlah perkara mudah.

Berikut INDOSPORT.com merangkum empat pemain ganda muslim Indonesia yang berhasil meraih gelar Juara Dunia:

Ricky Subagja

Legenda ganda putra Indonesia, Ricky Subagja menjadi pemain bulutangkis muslim Indonesia pertama yang meraih gelar Juara Dunia pada tahun 1993 dan 1995 bersama dengan rekan duet fenomenalnya, yakni Rudy Gunawan dan Rexy Mainaky.

Sigit Budiarto

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSigit Budiarto menjadi pemain ganda muslim Indonesia kedua yang berhasil meraih gelar Juara Dunia

Eks pemain ganda putra Indonesia, Sigit Budiarto menjadi pemain ganda muslim Indonesia kedua yang berhasil meraih gelar Juara Dunia di tahun 1997 bersama rekan duetnya, yaitu Candra Wijaya. Kala itu, pasangan Sigit/Candra berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Yap Kim Hock/Cheah Soon Kit, dengan skor 8-15, 18-17, 15-7.

Markis Kido

© Simon Cooper/EMPICS via Getty Images
Ganda campuran Indonesia berlabel kakak dan adik Markis Kido/Pia Zebadiah. Copyright: Simon Cooper/EMPICS via Getty ImagesGanda campuran Indonesia berlabel kakak dan adik Markis Kido/Pia Zebadiah.

Pemain ganda muslin Indonesia selanjutnya yang menyandang predikat sebagai Juara Dunia adalah eks rekan duet Hendra Setiawan di masa lalau, yaitu Markis Kido.

Di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2007 silam, Markis Kido/Hendra Setiawan sukses menjadi Juara Dunia usai mengalahkan pasangan Korea Selatan, Jung Jae-sung/Lee Yong-dae.

Tontowi Ahmad

© Robertus Pudyanto/Getty Images
Tontowi Ahmad di Indonesia Open 2019. Copyright: Robertus Pudyanto/Getty ImagesTontowi Ahmad di Indonesia Open 2019.

Selanjutnya ada pebulutangkis ganda campuran Tontowi Ahmad. Eks rekan duet Liliyana Natsir tersebut menjadi pemain ganda muslim Indonesia berikutnya yang meraih gelar Juara Dunia pada tahun 2013 dan 2017.

Mohammad Ahsan

© Shi Tang/Getty Images
Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan Copyright: Shi Tang/Getty ImagesHendra Setiawan dan Mohammad Ahsan

Berduet dengan Hendra Setiawan, pebulutangkis Mohammad Ahsan berhasil menjadi Juara Dunia tiga kali. Dimana gelar juara pemain ganda muslim Indonesia ini datang di tahun 2013, 2015 dan yang paling anyar tahun 2019 lalu.