Alan Budikusuma dan Bintang Badminton Dunia Jebolan Klub PB Suryanaga

Jumat, 5 Juni 2020 17:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Pribadi Ardy B. Wiranata
Potret Alan Budikusuma dan Ardy B. Wiranata pada tahun 1992. Copyright: © Dok. Pribadi Ardy B. Wiranata
Potret Alan Budikusuma dan Ardy B. Wiranata pada tahun 1992.

INDOSPORT.COM - Selain Alan Budikusuma berikut para bintang badminton dunia yang merupakan atlet jebolan klub PB Suryanaga Surabaya. Siapa sajakah mereka?

PB Suryanaga sendiri bukan persatuan bulutangkis sembarangan. Hampir setara dengan PB Djarum, klub yang bertempat di Jln, Dharmahusada Indah Barat, Kota Surabaya tersebut pernah melahirkan beberapa atlet unggulan.

Tidak cuma meraih gelar juara pada ajang BWF series, para atlet badminton binaan PB Suryanaga tersebut juga sempat mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia.

Salah satu pebadminton legendaris PB Suryanaga yang mengharumkan Merah-Putih di ajang internasional adalah Nyo Kiem Bie. Atlet yang dikenal dengan nama Koesbianto Setiadharma Atmaja tersebut menjadi andalan Tanah Air pada era 50-an

Sebagai informasi, Koesbianto atau Nyo Kiem Bie adalah orang Indonesia yang pertama kali merebut Piala Thomas zona Australasia dalam kejuaraan tahun 1958 di Singapura.

Selain itu, ia juga berhasil mempertahankan gelar Piala Thomas kala berlangsung di Jakarta tahun 1961. Beberapa gelar BWF Series juga pernah ia menangkan di antaranya Malaysia Open dan Singapore Open.

INDOSPORT sendiri beberapa waktu lalu sempat berkomunikasi dengan salah satu kata ketua umum PB Suryanaga yang sekaligus mantan pemain bulutangkis, Jacob Rusdianto.

Disebutkan bahwa kejayaan PB Suryanaga yang berhasil melahirkan sejumlah atlet badminton dunia tidak lepas dari tangan dingin Zulkarnaen Kurniawan (Nio Siek In) yang merupakan pembina serta bapak dari legenda Rudy Hartono.

"Beliau (Zulkarnaen Kurniawan) yang berhasil menjadikan PB Suryanaga ini sebagai klub legendaris saat ini. Dan kami tidak pernah berhenti menyumbangkan atlet di kancah bulutangkis nasional dan internasional, " ucap Jacob.

Disebutkan bahwa Zulkarnain saat aktif melatih, membimbing para pemain muda binaannya dengan menekankan empat hal yakni kecepatan, pernapasan yang baik, konsistensi dan agresivitas. Terbukti, empat pilar tersebut yang kini menjadi variabel penting bagi seorang pebulutangkis.

Selain Koesbianto Setiadharma Atmaja, masih ada beberapa atlet badminton dunia lain yang merupakan jebolan PB Suryanaga. Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.

Alan Budikusuma
Nama pertama adalah Alan Budikusuma, tunggal putra kelahiran Surabaya tersebut sempat mengenyam dan berlatih ilmu bulutangkis di PB Suryanaga. Kesamaan kota tempat ia lahir dan lokasi PB Suryanaga menjadi alasan keduanya bisa dipertemukan.

Selama aktif bermain, suami dari Susi Susanti tersebut berhasil mempersembahkan sejumlah gelar juara bergengsi buat Indonesia seperti Olimpiade Barcelona 1992, runner up Kejuaraan Dunia 1991, juara China Open 1991 dan juara Piala Dunia 1993.

Alan juga menjadi bagian tim Indonesia saat menjuarai Piala Thomas tahun 1996 yang berlangsung di Hong Kong. Berkat kegemilangannya tersebut, atlet yang kini berusia 52 tahun itu sempat menduduki peringkat satu BWF.