Kisah Miris Legenda Badminton Inggris yang Jadi Relawan Corona

Jumat, 5 Juni 2020 15:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Mark Thompson/Getty Images
Kisah sedih legenda badminton Inggris, Gail Elizabeth Emms, dari meraih medali perak di Olimpiade Athena 2004 sampai terpaksa menjadi relawan virus corona. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Kisah sedih legenda badminton Inggris, Gail Elizabeth Emms, dari meraih medali perak di Olimpiade Athena 2004 sampai terpaksa menjadi relawan virus corona.

INDOSPORT.COM - Kisah sedih legenda badminton Inggris, Gail Elizabeth Emms, dari meraih medali perak di Olimpiade Athena 2004 sampai terpaksa menjadi relawan virus corona.

Gail Elizabeth Emms atau yang akrab disapa Gail Emms, ternyata merupakan eks pemain badminton ganda campuran Inggris yang sangat sukses di eranya.

Namun, siapa sangka jika kesuksesannya di lapangan badminton tidak sejalan dengan kehidupannya di dunia nyata selepas dirinya memutuskan gantung raket?

Berikut INDOSPORT.com merangkum perjalanan seorang Gail Emms dari menjadi pemain badminton sukses sampai terpaksa menjadi relawan virus Corona:

Kehidupan yang sulit

Ayah Gail Emms diketahui merupakan seorang pengusaha sukses, tetapi mengalami kebangkrutan pada tahun 1980-an yang membuat kehidupan keluarganya menjadi sangat sulit pada saat itu.

Ibunya sendiri, yakni Janice Emss, merupakan pemain sepak bola di salah satu tim sepak bola Inggris yang tidak resmi. Namun, keduanya resmi bercerai ketika Gail Emms masih remaja.

Perjalanan Karier

Gail Emms menjadi seorang pemain badminton setelah dirinya lulus dari Kingston University pada tahun 1998. Ketika itu, dirinya meniti karier profesional setelah mendapat dana hibah dari yayasan lotere di Inggris lewat UK Sport.

Selepas meniti karier profesionalnya, kesuksesan terbesar yang diraih oleh Gail Emms terjadi di Olimpiade Athena 2004. Berpasangan dengan Robertson, ia berhasil meraih medali perak di sektor ganda campuran.

Perjalanan Gail Emms dengan Robertson di ganda campuran pada Olimpiade Athena 2004 bisa terbilang sangat-sangat mulus hingga ke partai final.

Bahkan, mereka sukses mengalahkan pasangan-pasangan unggulan asal China dan Denmark. Walaupun akhirnya di partai final, Gail Emms/Robertson harus mengakui keunggulan pasangan China lainnya, Zhang Jun/Gao Ling dengan skor 15–1, 12–15, 15–12 dan harus puas dengan medali perak.

Kehidupan usai gantung raket

Selepas gantung raket usai Olimpiade Beijing 2008, Gail Emms menekuni dunia baru dengan menjadi pelatih badminton di Timnas Bulutangkis Inggris, menjadi motivator, terlibat dalam kegiatan media, menjadi komentator di TV dan mengiklankan produk.

Tahun 2013, Gail Emms ditunjuk menjadi salah satu staf pelatih Badminton England, dimana ia ditugaskan untuk melatih tunggal putri junior dan ganda campuran.

Namun, pada tahun 2017, setelah dana bantuan dari UK Sports hilang, Gail Emms terpaksa harus kehilangan posisinya dan ia melontarkan kritik pedas pada pihak UK Sports dengan menyebut kalau pengalokasian dana tidak berlangsung efektif.