Kisah Tontowi/Liliyana Gagalkan Ambisi Juara Ratu Bulutangkis Malaysia

Jumat, 5 Juni 2020 12:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini ada kisah ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagalkan ambisi juara ratu bulutangkis Malaysia Goh Liu Ying. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini ada kisah ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagalkan ambisi juara ratu bulutangkis Malaysia Goh Liu Ying.

INDOSOPRT.COM - Berikut ini ada kisah ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagalkan ambisi juara ratu bulutangkis Malaysia Goh Liu Ying.

Tontowi/Liliyana menjadi salah satu pasangan campuran paling sukses di dunia bulutangkis dunia dalam mengharumkan nama Indonesia.

Beragam gelar juara mulai dari Olimpiade, All England, Kejuaraan Dunia, Asian Games, serta SEA Games pernah diraih oleh pasangan fenomenal ini.

Meski begitu Tontowi/Liliyana telah pensiun dari dunia bulutangkis. Namun tongkat estafet ganda campuran Indonesia terus berlanjut ke Praveen Jordan/Melati Daeva.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain ganda campuran Malaysia, Goh Liu Ying/Chan Peng Soon saat menghadapi pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavi pada perempatfinal Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain ganda campuran Malaysia, Goh Liu Ying/Chan Peng Soon saat menghadapi pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavi pada perempatfinal Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Artinya Indonesia tak kehilangan jeda dalam menghasilkan pebulutangkis andal untuk meneruskan jejak para senior yang tak lagi bermain.

Kendati demikian, Tontowi/Liliyana ternyata memiliki kisah menarik di mana keduanya sempat berhadapan dengan ratu bulutangkis Malaysia Goh Liu Ying.

Sebab Goh Liu Ying juga tampil di nomor ganda campuran yang berpasangan dengan Chan Peng Soon. Dua rival ini telah bertemu sebanyak 10 kali di semua ajang.

Torehan tersebut menjadi terbanyak kedua usai Tontowi/Liliyana kerap bersua wakil Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock sebanyak 13 kali.

Akan tetapi pertemuan Tontowi/Liliyana dengan Liu Ying/Peng Soon menjadi begitu fenomenal karena keduanya kerap bersua di laga final.

1. Malaysia Masters

© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di perempatfinal Malaysia Open 2018. Copyright: Humas PBSITontowi Ahmad/Liliyana Natsir di perempatfinal Malaysia Open 2018.

Pertemuan Tontowi/Liliyana dengan Liu Ying/Peng Soon terjadi pada kompetisi bulutangkis Malaysia Masters 2011 silam. Terlebih sang lawan main di hadapan publik sendiri.

Set pertama Liu Ying/Peng Soon berhasil mengamankan angka 21-18. Akan tetapi Tontowi/Liliyana bisa membalikkan keadaan 15-21 di gim kedua.

Tibalah ketika set penentu yang cukup tegang. Namun Tontowi/Liliyana bisa meredam tekanan yang ada dengan mengalahkan Liu Ying/Peng Soon 19-21.