Skandal Match Fixing Ganda Putri China di Kejuaraan Dunia 2003

Jumat, 5 Juni 2020 18:52 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Michael Steele/Getty Images
Yang Wei/Zhang Jiewen, ganda putri China. Copyright: © Michael Steele/Getty Images
Yang Wei/Zhang Jiewen, ganda putri China.

INDOSPORT.COM – Ganda putri bulutangkis China Yang Wei/Zhang Jiewen pernah terlibat match fixing di Kejuaraan Dunia 2003 saat sengaja kalah atas Gao Ling/Huang Sui.

Skandal pengaturan hasil pertandingan atau match fixing beberapa kali ditemukan terjadi di dunia bulutangkis internasional. Salah satunya seperti yang terjadi di Kejuaraan Dunia tahun 2003 di Birmingham Inggris.

Meski tak sebesar beberapa kasus match fixing lainnya, kejadian di Kejuaraan Dunia 2003 pada akhirnya cukup mempengaruhi hasil turnamen. Di mana pengaturan hasil pertandingan itu terjadi dalam laga yang melibatkan pasangan ganda putri yang kelak menjadi juara.

Match Fixing Kejuaraan Dunia 2003

Seperti beberapa kejadian pengaturan hasil pertandingan atau match fixing di dunia bulutangkis yang tujuannya untuk mengatur/mendapatkan lawan yang diinginkan di babak selanjutnya, begitupun di Kejuaraan Dunia 2003.

Saat itu China yang memiliki dua dari tiga pasangan yang menjadi unggulan utama di Kejuaraan Dunia 2003, seakan memiliki keinginan untuk mempertemukan kedua pasangan terbaiknya itu di laga final.

Hingga kemudian di babak perempatfinal, pengaturan terjadi. Saat itu ketiga turnamen Gao Ling/Huang Sui, berhadapan dengan pasangan China yang bukan merupakan unggulan, Yang Wei/Zhang Jiewen.

Dengan statusnya yang bukan unggulan itu, Yang Wei/Zhang Jiewen dengan sengaja mengalah dari Gao Ling/Huang Sui di babak perempatfinal. Keduanya terihat sekali tak bermain sungguh-sungguh hingga akhirnya kalah dalam pertandingan dua set langsung 11-15 dan 3-15.

Selain untuk membukakan jalan bagi kompatriotnya yang lebih diunggulkan, Yang Wei/Zhang Jiewen tampaknya sengaja mengalah karena di babak berikutnya (semifinal) sudah menunggu pasangan unggulan kedua turnamen asal Denmark Rikke Olsen/Ann-Lou Jorgensen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%