Lolos Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii Cetak Rekor Keren!

Sabtu, 6 Juni 2020 14:19 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berhasil lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii sukses cetak rekor keren. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berhasil lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii sukses cetak rekor keren.

INDOSPORT.COM - Berhasil lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii sukses cetak rekor keren.

Dilansir dari Instagram akun @badmintontalk_com, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang akan diselenggarakan tahun 2021 mendatang.

Kelolosan pasangan ganda putri Indonesia tersebut dikonfirmasi melalui aturan kualifikasi yang resmi dirilis oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) beberapa waktu lalu, dengan rincian sebagai berikut:

1. Semua poin peringkat yang diperoleh pada turnamen selama periode kualifikasi Olimpiade yang lama akan dipertahankan dalam daftar peringkat "Race to Tokyo".

2. Periode kualifikasi Olimpiade diperpanjang pada pekan 1-17 tahun 2021 dan meliputi sejumlah turnamen terpilih yang ditunda, dibatalkan, atau ditangguhkan karena Covid-19.

3. Turnamen tersebut di atas harus diselesaikan pada pekan ke-17 tahun 2021 dalam periode kualifikasi baru.  

4. Turnamen yang dijadwalkan ulang untuk akhir tahun 2020 pada kalender turnamen BWF 2020 yang dirilis pekan lalu tidak masuk perhitungan kualifikasi. Hitungan hanya untuk turnamen edisi tahun 2021.

5. Turnamen yang memenuhi syarat tersebut dalam periode kualifikasi baru ini sebaiknya dilakukan pada pekan yang sama dari tahun 2020 hingga 2021.

6. Jika hal itu tidak memungkinkan, BWF akan mengizinkan tanggal lain dalam pekan 1-17 tahun 2021 dengan persetujuan menyusul.

7. Atlet dari China dan Hong Kong berhak memperoleh poin dari Kejuaraan Beregu Asia 2021 karena tidak dapat berpartisipasi pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Manila akibat pembatasan perjalanan Covid-19 yang diterapkan pemerintah Filipina kepada para atlet dari negara tersebut.

8. Aturan ini hanya berlaku untuk turnamen beregu yang terkena dampak Covid-19 karena tidak ada turnamen beregu lain yang masuk dalam periode kualifikasi Olimpiade yang diperpanjang. Namun, para pemain memiliki pilihan untuk bermain pada turnamen-turnamen individual.

Dari kedelapan poin di atas, maka bisa dipastikan kalau Timnas Bulutangkis mengunci satu tempat untuk wakilnya di sektor ganda putri melalui pasangan Greysia/Apriyani pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Badminton Talk (@badmintalk_com) on

Keberhasilan itu pun membuat pebulutangkis Greysia Polii sukses mencatatkan sejarah dengan menjadi atlet bulutangkis putri pertama yang lolos ke tiga edisi Olimpiade berbeda dengan pasangan berbeda.

Di tahun 2012, Greysia Polii lolos ke Olimpiade London bersama dengan Meiliana Jauhari, tetapi pada saat itu mereka tersandung match fixing yang mengharuskan pasangan Indonesia itu didiskuliafikasi dari turnamen.

Selanjutnya di Olimpiade Rio 2016, Greysia Polii juga berhasil lolos dengan pasangan berbeda, yakni Nitya Krishinda Maheswari. Dan terakhir di Olimpiade Tokyo 2020 bersama dengan Apriyani Rahayu.

Sejauh ini, dalam dua edisi Olimpiade sebelumnya, Greysia Polii selalu gagal meraih medali, apakah bersama dengan Apriyani Rahayu, ia sukses meraih medali Olimpiade pertamanya?