On This Day: Di Istora, Indonesia Raih Trofi Piala Uber Kali Pertama

Sabtu, 6 Juni 2020 20:24 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Hari ini, 6 Juni 1975 alias 45 tahun yang lalu, Indonesia sukses meraih trophy Piala Uber untuk kali pertama di Istora Senayan, Jakarta. Copyright: © Indosport.com
Hari ini, 6 Juni 1975 alias 45 tahun yang lalu, Indonesia sukses meraih trophy Piala Uber untuk kali pertama di Istora Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Hari ini, 6 Juni 1975 alias 45 tahun yang lalu, Timnas Bulutangkis Indonesia sukses meraih trofi Piala Uber untuk kali pertama di hadapan pendukung sendiri di Istora Senayan, Jakarta.

Tanggal 6 Juni 1975 merupakan hari yang bersejarah bagi Timnas Bulutangkis Putri Indonesia, karena akhirnya perjuangan selama 16 tahun lamanya sejak Piala Uber kali pertama diselenggarakan akhirnya terbayar sudah di hadapan pendukung sendiri.

Dilansir dari situs olahraga Antara, tim bulutangkis Indonesia yang sebelumnya harus puas dengan status runner-up dua kali setelah selalu gagal, akhirnya membayar tuntas semuanya di Istora Senayan, Jakarta.

Pada saat merebut gelar perdana Piala Uber di tahun 1975, tim bulutangkis putri Indonesia diperkuat oleh nama-nama seperti Theresia Widiastuty, Tati Sumirah, dan Utami Dwi di sektor tunggal.

Lalu ada pasangan Minarni Sudaryanto/Regina Masli yang memimpin sektor ganda bersama pasangan lainnya Imelda Wiguna/Theresia Widiastuty.

Di edisi Piala Uber 1975 diikuti oleh 14 negara yang menjadi perwakilan dari zona Asia, Australia, Eropa dan Amerika. pada putaran pertama, tim bulutangkis Indonesia melibas Malaysia dengan skor 7-0.

Kemudian di putaran kedua, sukses membungkam Inggris dengan skor 5-2. Di partai final, tim bulutangkis putri Indonesia lagi-lagi berhadapan dengan tim Jepang.

Saat itu, format Piala Uber masih menggunakan format lama yang mempertandingkan tujuh nomor selama dua hari, yakni tiga nomor tunggal dan empat nomor ganda.

Kemenangan Indonesia untuk kali perdana di Piala Uber, ditentukan oleh sektor ganda saat duet Tuty/Imelda berhasil menundukkan Takenaka/Aizawa 17-14 di set pertama sebelum menutup set kedua dengan kemenangan telak 15-0.

Kemenangan pasangan ganda putri Indonesia tersebut membuat publik Istora yang hadir pada hari Jumat malam kala itu mengharu biru karena untuk kali pertama, trophy Piala Uber sukses direngkuh oleh Ibu Pertiwi.

Selepas kemenangan di tahun 1975, tim bulutangkis putri Indonesia baru kembali berhasil membawa pulang Piala Uber  20 tahunan setelahnya tepatnya di tahun 1994 dan 1996 secara beruntun lewat aksi ciamik dari para Srikandi Tanah Air era Susy Susanti kala itu.