4 Pebulutangkis Juara Australia Open dan Olimpiade: 1 dari Indonesia

Senin, 8 Juni 2020 20:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jika bukan karena Corona, ajang Australia Open dan Olimpiade Tokyo bergulir dalam waktu dekat. Tahukah anda? Ada beberapa pebulutangkis yang sukses sabet juara dua kompetisi itu sekaligus, salah satunya dari Indonesia.

Menyoal kompetisi BWF World Tour selaku kompetisi bulutangkis terbesar sepanjang tahun, ada beberapa kompetisi yang berperan dalam peringkat para atlet tepok bulu. Di sinilah Australia Open berperan sebagai tonggak ukur para atlet untuk ikut berkompetisi.

Turnamen Super 300 ini selalu menjadi ajang pembuktian para pemain muda untuk bisa tunjukkan taji dalam berbagai kompetisi bulutangkis tingkat internasional. Tahun lalu kompetisi ini sendiri dimenangkan oleh Jonatan Christie (Indonesia), Chen Yufei (China), Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol (Korsel), dan masih banyak lagi.

Akan tetapi tak banyak yang tahu jika beberapa atlet bulutangkis yang pernah juara di Australia Open nyatanya juga sempat sabet emas pada Olimpiade. Tentu hanya ada segelintir orang saja yang bisa menangi dua kompetisi sekaligus, Indonesia masuk salah satunya.

Apalagi Olimpiade merupakan puncak gelaran pesta olahraga terbesar sejagad yang menunjukkan jika pebulutangkis layak menjadi yang terbaik di dunia. Siapa saja mereka? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum beberapa nama atlet pemenang dua ajang bergengsi itu dilansir laman BWF.

1. Kim Dong Moon (Korea Selatan)

Kim menjadi salah satu legenda atlet bulutangkis asal Negeri Ginseng yang pernah menjuarai turnamen di Australia pada 1999 silam. Berspesialis di sektor ganda putra, dirinya mampu menuai sukses pada Olimpiade sebanyak dua kali.

Tiga tahun sebelum tuai hasil manis di Australia Open, Kim lebih dulu menjuarai Olimpiade di Atlanta kemudian berlanjut pada raihan medali emas pada Olimpiade Athena 2004 silam. Bersama Ha Tae Kwon, dia menjadi satu-satunya wakil Korsel yang bisa dapat dua emas pada ajang olahraga terbesar itu.