Pasangan Ganda Indonesia Beda Negara yang Sukses Raih Gelar Juara

Senin, 8 Juni 2020 18:09 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Walton/Getty Images
Berikut pasangan ganda Indonesia dengan partner beda negara yang sukses di kancah internasional dan meraih berbagai gelar juara BWF. Copyright: © Ian Walton/Getty Images
Berikut pasangan ganda Indonesia dengan partner beda negara yang sukses di kancah internasional dan meraih berbagai gelar juara BWF.

INDOSPORT.COM - Berikut pasangan Indonesia dengan partner beda negara yang sukses di kancah internasional dan meraih berbagai gelar juara BWF. Siapa sajakah mereka?

Indonesia sendiri memang dikenal sebagai pabriknya atlet badminton ternama di dunia, tidak heran jika banyak kejuaraan dunia dan gelaran BWF Series yang berhasil dimenangkan oleh wakil Tanah Air.

Salah satu nomor yang sering mendulang gelar juara buat Indonesia adalah sektor ganda khususnya kategori campuran dan putra. Tercatat dua nomor tersebut beberapa kali menduduki peringkat satu BWF.

Bahkan dua teratas ranking BWF kategori ganda putra ditempati oleh wakil Indonesia. Mereka adalah pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di peringkat pertama dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menempel ketat di bawahnya.

Sebuah catatan impresif bahkan ditorehkan Hendra Setiawan, dimana pebulutangkis kelahiran Pemalang tersebut pernah berada di peringkat tertinggi BWF dengan dua pasangan berbeda.

Peringkat pertama BWF perdana diraih saat masih berpartner dengan Markis Kido pada 27 September 2007, kemudian kembali didapatkan kala berganti pasangan dengan Mohammad Ahsan tanggal 21 November 2013.

Selain itu, Hendra Setiawan juga masuk dalam daftar ganda putra yang meraih gelar juara dunia terbanyak sepanjang sejarah. Total, pebulutangkis berusia 35 tahun itu sudah mendapatkan empat gelar sejak 2007 silam.

Tidak cuma ganda putra, nomor ganda campuran juga kerap tampil mengesankan kala bertanding di ajang internasional. Salah satu atlet spesialis ganda campuran yang menjadi legenda di Indonesia adalah Liliyana Natsir.

Serupa dengan kisah Hendra Setiawan, pebulutangkis putri kelahiran Manado tersebut juga beberapa kali menempati peringkat pertama BWF dan meraih gelar juara dunia.

Total ada empat gelar juara dunia yang berhasil dimenangkan Liliyana Natsir, dan hebatnya ia meraih semua itu dengan dua pasangan berbeda. Masing-masing dua gelar didapatkan kala berpartner dengan Nova Widianto dan Tontowi Ahmad.

Tidak cuma meraih gelar dengan pasangan sesama Indonesia, ternyata para atlet spesialis ganda Tanah Air ini juga sukses menunjukkan taji kala berduet dengan pebulutangkis luar negeri. Bahkan ada yang sampai meraih gelar juara.

Lantas siapa sajakah pasangan tersebut dan apa saja gelar yang berhasil mereka dapatkan? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.