Verawaty Fadjrin, Pebulutangkis Indonesia yang Sukses di 3 Sektor Sekaligus

Sabtu, 13 Juni 2020 18:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© youtube
Verawaty Fadjrin adalah satu diantara pebulutangkis putri Indonesia yang bisa meraih sukes pada level tertinggi dari tiga sektor berbeda sekaligus. Copyright: © youtube
Verawaty Fadjrin adalah satu diantara pebulutangkis putri Indonesia yang bisa meraih sukes pada level tertinggi dari tiga sektor berbeda sekaligus.

INDOSPORT.COM - Verawaty Fadjrin adalah satu diantara pebulutangkis putri Indonesia yang bisa meraih sukes pada level tertinggi dari tiga sektor berbeda sekaligus.

Tak seperti saat ini, di mana lazimnya seorang pebulutangkis hanya bisa meraih sukses di satu sektor tertentu. Pada era tahun 80-an, cukup banyak atet bulutangkis yang mampu tampil secara bersamaan di beberapa sektor.

Namun di antara banyaknya itu, tak semuanya bisa meraih capaian di level tertinggi dalam semua sektor yang dimainkannya secara bersamaan. Selayaknya yang dilakukan seorang Verawaty Fadjrin.

Verawaty Fadjrin

Lahir di Jakarta 1 Oktober 1957, Verawaty Fadjrin atau yang juga dikenal dengan nama Verawaty Wihardjo, mulai melambung sejak akhir tahun 1970-an, ketika dirinya turun di sektor ganda putri.

Berpasangan dengan Imelda Wigoena, Verawaty Fadjrin berhasil mencuat ke level tertinggi sektor ganda putri bulutangkis dunia dengan menjuarai sejumlah turnamen pada akhir 1970-an itu.

Mulai dari Juara Dutch Open 1977, Juara Denmark Open 1977 dan 1978, Medali Emas Asian Games 1978, Juara All England 1979, Juara Canada Open 1979, hingga menjadi Finalis Kejuaraan Dunia 1980 dirasakan Verawaty Fadjrin lewat sektor ganda putri.

Di Kejuaraan Dunia 1980 saat itu, meski hanya sukses menjadi finalis di sektor ganda putri, nama Verawaty Fadjrin justru mencuat di sektor tunggal putri. Ketika dirinya bisa tampil impresif, tak terkalahkan dan menjadi juara, usai mengalahkan sesama wakil Indonesia, Ivana Lie.

Nama wanita bertinggi 178cm itu semakin melambung sebagai salah satu pebulutangkis tunggal putri terbaik dunia di tahun 1980 itu. Sebab di tahun yang sama juga, dirinya sukses keluar sebagai runner up turnamen prestisius, All England.

Kiprah Verawaty Fadjrin dari sektor tunggal putri pun semakin tak bisa dipandang sebelah mata, ketika dirinya menjadi juara SEA Games 1981 dan Indonesia Open 1982.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%