Aryono Miranat Ungkap Kunci Kesuksesan Sektor Ganda Indonesia

Minggu, 14 Juni 2020 19:17 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© badmintonindonesia.org
Asisten pelatih ganda putra pelatnas, Aryono Miranat membongkar rahasia kesuksesan sektor ganda Timnas Bulutangkis Indonesia. Copyright: © badmintonindonesia.org
Asisten pelatih ganda putra pelatnas, Aryono Miranat membongkar rahasia kesuksesan sektor ganda Timnas Bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM -  Asisten pelatih ganda putra pelatnas, Aryono Miranat membongkar rahasia kesuksesan sektor ganda Timnas Bulutangkis Indonesia yang selama ini selalu sukses melahirkan bintang-bintang baru.

Bersama dengan Herry IP, asisten pelatih Aryono Miranat kini sukses melahirkan bintang-bintang ganda putra Indonesia. Sebut saja pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang saat ini menempati peringkat 1 dunia dan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto di peringkat 6 dunia, serta membangkitkan kembali duet Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang sempat mati suri.

Bahkan tak hanya sukses di sektor ganda putra, Aryono Miranat juga perah membawa pasangan ganda putri, Vita Marissa/Liliyana Natsir menjadi penantang baru di era dominasi ganda putri China pada saat itu.

Setelah malang melintang di dunia pelatih dalam kurun waktu yang lama, asisten pelatih yang akrab disapa Koh Ar tersebut mengakui kalau hal yang paling tidak pernah dilupakan selama menjadi pelatih adalah melihat anak-anak didiknya mau menjadi juara setelah melakoni pertandingan yang super menegangkan.

Asisten pelatih ganda putra pelatnas Indonesia itu pun menuturkan bagaimana ia berhasil membawa anak-anak asuhnya mencapai puncak podium tertinggi. Menurut pria kelahiran Bandung tersebut, semua tidak berasal hanya dari pelatihnya saja, tetapi sang pemain harus memiliki beberapa kriteria penting untuk bisa menjadi juara.

"Mereka itu harus memiliki komitmen, disiplin, speed, power, pantang menyerah dan selalu berpikir saat sedang bertanding,"  ujar Aryono Miranat dikutip dari situs olahraga pbdjarum.org.

Sebagai pelatih, Aryono Miranat pernah membawa pasangan ganda putra meraih juara di All England 2002 dan juara Kejuaraan Dunia 2003 serta juara Kejuaran Dunia 2005. Sedangkan, di nomor beregu juga asisten pelatih ganda putra pelatnas Indonesia itu pernah membawa tim Indonesia merebut juara Sea Games 2003, Juara piala Thomas 2004 dan runner up di piala Sudirman 2007.

Saat ini, bersama pelatih Herry IP, pelatih berjuluk coach Naga Air tersebut mengemban sebuah misi berat, yakni mengantarkan pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang.

Berkat tangan dinginnya bersama dengan Herry IP di sektor pelatih ganda putra pelatnas Indonesia, Aryono Miranat kini membuat tiga pasangan ganda putra Tanah Air, yakni Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto berada di peringkat 10 besar dunia.

Dimana pasangan Kevin/Marcus menempati peringkat 1 dunia, pasangan Ahsan/Hendra menempati peringkat 2 dunia dan pasangan Fajar/Rian menempati peringkat 6 dunia dan tahun 2019 lalu, nyaris seluruh gelar BWF World Tour dikuasai oleh ganda putra Indonesia.