Jenna Gozali, Pebulutangkis Indonesia yang Kini Aktif Bela Amerika Serikat

Minggu, 14 Juni 2020 07:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Prio Hari Kristanto
© alchetron.com
Jenna Gozali menjadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang masih aktif bertanding membela Amerika Serikat. Copyright: © alchetron.com
Jenna Gozali menjadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang masih aktif bertanding membela Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Jenna Gozali menjadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang masih aktif bertanding membela Amerika Serikat.

Sejak beberapa dekade ke belakang, cukup banyak atlet bulutangkis Indonesia yang mencoba peruntungan hijrah ke Amerika Serikat. Baik itu mereka yang secara prestasi cukup bahkan sangat sukses bersama Indonesia, atau pun mereka yang kalah bersaing dengan berbagai alasan.

Seperti salah satunya yang dialami oleh Jenna Gozali, yang hijrah ke Amerika Serikat setelah kalah bersaing di Indonesia akibat masalah cedera.

Jenna Gozali

Lahir di Surabaya 24 Maret 1990, Jenna Gozali merupakan salah satu pebulutangkis yang memiliki potensi besar pada masa mudanya. Terbukti ketika dirinya bisa menembus salah satu sekolah bulutangkis terbaik di Indonesia, PB Djarum.

Bermain di sektor ganda, putri dan campuran, sejumlah prestasi lokal sukses dirasakan Jenna Gozali. Mulai dari kejuaraan level lokal di Surabaya, Kejurnas hingga beberapa kali di ajang Sirkuit Nasional (Sirnas).

Di level internsional, Jenna Gozali pun mampu menorehkan prestasi membanggakan. Mulai dari menjadi bagian tim junior putri Indonesia yang meraih medali perunggu Asian Junior Championship 2005, menjuarai Dutch Open Junior dan menjadi runner-up German Open Junior 2009, serta juara di Auckland International 2009.

Capain tersebut kemudian membawa nama Jenna Gozali menjadi salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia yang dipercaya menumbus Pelatnas PBSI pada tahun 2010.

Sayangnya di Pelatnas PBSI, karier Internasional Jenna Gozali belum ada yang bisa berujung juara, selain capaiannya meraih Medali Emas Universiade 2011 dalam kategori Beregu Campuran.

Terkendala masalah cedera lutut cukup parah, Jenna Gozali juga akhirnya hanya bisa bertahan sampai tahun 2013. Sebelum terlempar dari persaingan Pelatnas PBSI pada tahun 2014, bersama beberapa rekannya asal PB Djarum, Komala Dewi dan Meliana Jauhari.

Meski mengalami penurunan karier akibat cedera, setelah terlempar dari Pelatnas PBSI, Jenna Gozali sebenarnya masih bisa cukup bersaing di level nasional. Beberapa kali dirinya bisa menembus semifinal hingga final turnamen berskala nasional seperti Sirnas. Termasuk ketika pada tahun 2014 dirinya bisa meraih juara ganda putri turnamen Pertamina Open.

Di tengah karier yang merosot akibat cedera itu, Jenna Gozali kemudian melihat kesempatan untuk hijrah ke Amerika Serikat. Meski dengan segala keterbatasannya, peluang itu langsung diambil Jenna pada tahun 2015.

"Awalnya saya datang ke Amerika ini ya karena modal nekat dan nggak ada persiapan. Jadi kendala bahasa ketika komunikasi dengan anak didik, manager klub dan yang lain,” ugkap Jenna Gozali lewat halaman resmi PB Djarum.

“Saya nggak tau pakai bahasa apa. Sempat kepikiran juga, kok saya gaya banget ya, nggak bisa bahasa Inggris tapi malah sok mau melatih di luar Negeri," tambahnya.

Meski sempat mengganggur selama tiga bulan usai tampil di US Open 2015, namun akhirnya dengan keuletan serta pengalaman bulutangkisnya di Tanah Air, Jenna dipercaya menjadi pelatih usia anak. Seperti sejak tahun 2016 dirinya dipercaya menjadi pelatih di klub Bay Badminton Center, San Francisco.