1 Hal dari Legenda Indonesia yang Buat Tunggal Putri Malaysia Optimistis

Kamis, 18 Juni 2020 16:54 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BAM
Satu hal dari pelatih bulutangkis Indonesia, Indra Wijaya ini buat tunggal putri nomor 1 Malaysia, Soniia Cheah jadi sangat optimis. Copyright: © BAM
Satu hal dari pelatih bulutangkis Indonesia, Indra Wijaya ini buat tunggal putri nomor 1 Malaysia, Soniia Cheah jadi sangat optimis.

INDOSPORT.COM - Satu hal dari pelatih bulutangkis Indonesia, Indra Wijaya ini buat tunggal putri nomor 1 Malaysia, Soniia Cheah jadi sangat optimis.

Di tengah ketidakpastian kapan kompetisi bulutangkis akan mulai bergulir, kehadiran Indra Wijaya sebagai Kepala pelatih tunggal putri Malaysia ternyata cukup membuat pebulutangkis Soniia Cheah merasa tenang.

Indra Wijaya yang ditunjuk oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Mei lalu sebagai Kepala pelatih baru tunggal putri menggantikan Tey Seu Bock yang digeser menjadi asisten pelatih tunggal putra mendampingi Hendrawan.

Ditugaskan menjadi pelatih anyar tunggal putri Malaysia, Indra Wijaya mendapat tugas berat untuk meloloskan pebulutangkis Soniia Cheah ke panggung Olimpiade Tokyo 2020 yang akan bergulir pada tahun 2021 mendatang.

Tetapi tugas tersebut terbilang cukup berat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membuatnya segalanya tidak menentu, termasuk mengenai dimulainya turnamen bulutangkis yang sejatinya sudah ditetapkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada awal September.

Walaupun mengaku tidak tahu kapan dirinya bisa kembali bermain di level kompetitif, pebulutangkis Soniia Cheah mengaku kalau kehadiran pelatih bulutangkis asal Indonesia, Indra Wijaya cukup membuatnya optimis.

"Tapi pelatih Indra tidak ingin kita khawatir tentang itu sekarang. Dia ingin kita tetap fokus pada pelatihan kita, untuk meningkatkan diri kita sementara kita punya waktu," katanya.

"Dia pikir paling awal bahwa kita bisa mulai bermain di turnamen mungkin pada bulan September, tetapi kita tidak bisa memastikan dengan coronavirus," ujar Soniia Cheah dikutip dari media News Straits Times.

Sebelumnya, pebulutangkis tunggal putri Malaysia, Soniia Cheah mengaku kaget dengan kemampuan dari Indra Wijaya melakukan pendekatan dengan para pemainnya.

Tetapi, menurut Soniia Cheah apa yang ditunjukkan oleh pelatih bulutangkis Indonesia tersebut merupakan bukti nyata kalau dirinya merupakan pelatih yang berpengalaman.

Soniia Cheah sendiri saat ini berada di peringkat 26 dalam klasemen  'race to Tokyo', dan dirinya masih memiliki peluang yang sangat besar untuk menembus peringkat 16 besar dunia ketika kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dimulai lagi tahun 2021 mendatang.

Saat ini, Soniia Cheah menjalani program latihan bersama dengan Kisona Selvaduray yang merupakan peraih medali emas SEA Games 2019 lalu di kategori individu pada sektor tunggal putri.