Mengenal 3 Teknik Servis Kevin Sanjaya yang Bisa Buat Lawan Kesal

Rabu, 24 Juni 2020 18:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebagai salah satu ganda putra terbaik bulutangkis dunia saat ini, Kevin Sanjaya terkenal dengan teknik servis yang sering membuat kesal lawan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebagai salah satu ganda putra terbaik bulutangkis dunia saat ini, Kevin Sanjaya terkenal dengan teknik servis yang sering membuat kesal lawan.

INDOSPORT.COM – Sebagai salah satu ganda putra terbaik bulutangkis dunia saat ini, Kevin Sanjaya terkenal dengan teknik servis yang sering membuat kesal lawan. Berikut tiga tekniknya.

Menjadi pasangan ganda putra nomor satu dunia saat ini bersama Marcus Gideon, kualitas permainan Kevin Sanjaya jelas tak perlu diragukan lagi di atas lapangan.

Namun di luar kualitasnya itu, Kevin Sanjaya juga menjadi pebulutangkis yang banyak diidolai lantaran aksinya di atas lapangan yang sering menghadirkan drama dengan pebulutangkis yang menjadi lawannya.

Berpadu dengan teknik tinggi, aksi Kevin Sanjaya sering dilengkapi dengan tingkah konyolnya memancing emosi lawan. Salah satu yang sering dilakukannya seperti dengan melepaskan teknik servis yang membuat lawan mati kutu dan kesal dalam waktu yang sama.

Hebatnya lagi, teknik servis yang sering membuat lawan kesal itu dilakukan Kevin Sanjaya bukan dengan satu cara saja. Setidaknya ada tiga cara yang kerap dilalukan Kevin dalam servisnya. Seperti berikut yang coba redaksi berita olahraga  INDOSPORT rangkum, bersumber dari halaman youtube Shuttle Flash.

The Flick Serve atau Servis Menjentik

Teknik servis pertama yang sering membuat lawan Kevin Sanjaya kesal adalah, teknik servis menjentik, atau melakukan flick shuttlecock ke bagian belakang lapangan lawan.

Sevis Kevin ini dilakukannya dengan seolah-olah hendak melepaskan shutlecock ke posisi dekat dengan ancang-ancang yang serupa dengan gaya pemain yang akan melakukan itu dengan pukulan backhand.

Namun saat hampir melakukan pukulan, sepersekian detik shuttlecock sedikit dijauhkan dengan posisi raket, sehingga pukulan Kevin bisa bisa mengarahkan shuttlecock jauh ke posisi belakang lapangan lawan.

Dengan teknik servis ini, lawan biasanya terkecoh dengan mencoba maju memotong datangnya shuttlecock yang dikiranya akan ke depan. Namun justru mati langkah karena shuttlecock justru melambung melewatinya jauh ke belakang.

Tak jarang pemain lawan yang dibuat kesal oleh teknik servis Kevin Sanjaya itu sampai melakukan protes ke wasit. Namun umumnya wasit justru mengesahkan, lantaran menurut aturan terbaru, yang dilakukan Kevin sah adanya.

Teknik ini sendiri sudah kerap kali digunakan Kevin Sanjaya, sejak masih junior, jauh sebelum dirinya menjadi pasangan ganda putra terbaik dunia dengan Marcus Gideon.

Tumbling Serve atau Servis Memutar

Berkebalikan dengan sebelumnya, dalam teknik kedua ini, Kevin Sanjaya justru mengarahkan shuttlecock ke arah depan lapangan lawan.

Namun tak sembarangan mengarahkan, melainkan Kevin Sanjaya juga melakukan pukulan yang membuat shuttlecock melaju memutar ke arah lapangan lawan.

Dalam tekniknya itu, Kevin melakukan chopping atau memoles shuttlecock sehingga memutar ke arah depan ketika mengarah ke lapangan lawan. Umumnya lawan memang bisa mengembalikan shuttlecock tersebut, namun arahnya pasti tak beraturan, hingga melebar dan justru menghasilkan poin buat Kevin Sanjaya.