Pebulutangkis Denmark Jan O Jorgensen Umumkan Pensiun

Rabu, 24 Juni 2020 18:17 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Jan O Jorgansen resmi mengumumkan kapan dirinya akan mundur dari dunia bulutangkis. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Jan O Jorgansen resmi mengumumkan kapan dirinya akan mundur dari dunia bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Jan O Jorgansen resmi mengumumkan kapan dirinya akan mundur dari dunia bulutangkis.

Setelah 12 tahun lamanya melalang buana di pelatnas bulutangkis Denmark, Jan O Jorgansen akhirnya resmi mengundurkan diri dan tidak menjadi bagian dari pelatnas bulutangkis Denmark.

Dilansir dari situs olahraga Badminton Europe berdasarkan pernyataan resmi dari Badminton Denmark, Jan O Jorgansen terakhir melakukan latihan di pelatnas pada Rabu (24/06/20) di Kopenhagen sebelum akhirnya hijrah ke Jerman bersama dengan istrinya yang merupakan pemain bola tangan profesional dan eks Kapten Timnas Denmark.

Pebulutangkis Jan O Jorgansen menyebutkan apa yang menjadi alasannya memutuskan untuk mundur dari pelatnas Denmark setelah dalam waktu lima tahun terakhir terus berkutat dengan cedera.

"Saya telah berjuang untuk kembali ke performa saya sebelum menderita cedera. Banyak yang telah terjadi di tunggal putra sejak 2017 dan permainan telah berkembang. Akhir-akhir ini, saya seperti kehilangan hasrat dan motivasi untuk terus bermain," beber Jan O Jorgansen dikutip dari situs Badminton Europe.

Memang, dalam lima tahun terakhir, pebulutangkis Jan O Jorgansen menderita cedera di bagian pinggul dan tumit kakinya sehingga membuat hidupnya menjadi lebih sulit sebagai seorang atlet bulutangkis dan kali ini, ia sudah berada di ambang batas.

"Saya tidak bisa jujur ​​dengan diri saya sendiri, ketika saya tidak lagi bisa bersaing di antara para pemain terbaik di turnamen besar. Untuk itulah saya bermain. Keputusan ini tidak dibuat dengan tiba-tiba. Setiap hari saya kesakitan dan sekarang saya tidak tahan lagi," pungkasnya.

Rencananya setelah memutuskan mengundurkan diri dari pelatnas Denmark, pebulutangkis Jan O Jorgansen akan mengikuti beberapa turnamen bulutangkis.

Sebelum akhirnya dirinya berharap bisa bermain di Denmark Open dan mengumumkan pensiunnya secara resmi di hadapan publik pecinta bulutangkis Denmark.

Di sepanjang kariernya sebagai pebulutangkis, Jan O Jorgansen telah memenangkan medali emas Kejuaraan Eropa, meraih gelar China Open dan Indonesia Open dan menjadi pemain Eropa satu-satunya yang memenangkan dua gelar tersebut.

Tidak hanya itu, Jan O Jorgansen juga meraih gelar PIala Thomas, Denmark Open dan French Open serta memenangkan medali perunggu Kejuaraan Dunia pada tahun 2015.