Soal Kelanjutan Turnamen Bulutangkis, Ini Saran Eks Ganda Putri Indonesia

Jumat, 26 Juni 2020 17:46 WIB
Penulis: Arif Yahya, Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri. Copyright: © Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri.

INDOSPORT.COM – Mantan atlet ganda putri Indonesia, Jo Novita, turut mengomentari soal kelanjutan turnamen bulutangkis di tengah pandemi virus corona. Sama seperti Lee Chong Wei, Novita juga berpikir turnamen seharusnya dibatalkan saja tahun ini.

Pada akhir bulan lalu, Badminton World Federation (BWF) merilis jadwal terbaru turnamen bulutangkis setelah beberapa pertandingan internasional dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Menanggapi kabar tersebut, Lee Chong Wei selaku Chef-de-Mission menuju Olimpiade Tokyo berharap agar semua turnamen tahun ini dibatalkan dan bisa dilanjutkan tahun depan.

Lee Chong Wei sendiri sangat menyoroti hal ini setelah ditemukan kasus virus corona dalan turnamen tenis yang berlangsung di Serbia, Adria Tour, baru-baru ini. Bahkan Novak Djokovic pun dinyatakan positif.

Senada dengan Lee Chong Wei, Jo Novita yang diwawancarai langsung oleh INDOSPORT pun juga menyarankan agar bisa federasi mementingkan kesehatan orang banyak di atas segalanya.

“Saya sama seperti Lee Chong Wei, jangan dulu (menggelar turnamen),” kata Jo Novita yang pernah berpartner dengan Greysia Polii ini.

“Kesehatan lebih penting karena nanti yang kena bukan kita saja tapi orang banyak juga kena dan kita harus pikirin orang lain juga, begitu sih menurut saya,” lanjutnya.

Dalam jadwal terbaru yang dirilis BWF, turnamen bulutangkis level Super 100 yaitu Hyderabad Open 2020 di India, pada 11-16 Agustus 2020 menjadi pembuka.

Sedangkan turnamen level Super 500 ke atas akan dimulai pada bulan September, diawali dengan Korea Open 2020 yang merupakan turnamen level Super 500. Korea Open 2020 akan diadakan di Seoul pada 8-13 September 2020.

Turnamen yang dibatalkan itu termasuk final Thomas dan Uber Cup yang digelar di Aargus, Denmark, pada 3-11 Oktober dan Malaysia Terbuka pada November.

Turnamen Indonesia Open 2020 (BIO) yang merupakan turnamen level Super 1000, rencananya akan dihelat pada 17-22 November 2020.