Chris Kinard, Pebulutangkis Terbaik Amerika yang Buat Srikandi Indonesia Jatuh Hati

Sabtu, 27 Juni 2020 19:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard Copyright: © Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard

INDOSPORT.COM – Punya prestasi sebagai pebulutangkis terbaik Amerika Serikat, Chris Kinard juga mampu membuat Srikandi bulutangkis Indonesia Utami Dewi jatuh hati padanya.

Pada dekade 1970-an di saat bulutangkis belum cukup memiliki popularitas di dunia seperti saat ini, di Amerika Serikat ada pemain hebat bernama Chris Kinard.

Lahir di Pasadena, California 8 November 1950, Chris Kinard adalah satu dari sedikit orang Amerika Serikat yang saat itu mengenal dan mendalami bulutangkis.

Pada usia yang bau 19 tahun kala itu, Chris Kinard sudah bisa masuk ke dalam skuat tim bulutangkis Amerika Serikat yang berlaga di Piala Thomas 1969. Kendati hasilnya memang tak cukup baik buat mereka sebagai negara yang tak begitu menggilai bulutangkis.

Namun keikutsertaan Chris Kinard di Piala Thomas 1969 seakan hanya menjadi Langkah awal. Sebab setelah itu kariernya begitu melesat. Mulai dari bisa meraih juara di sektor ganda South Africa Open 1971, hingga menjadi juara U.S. Men's Singles Championship secara enam kali berturut, sejak 1972, 1974, 1976, 1977, 1979, 1981.

Dalam periode itu, dengan berbagai prestasinya di level Amerika serikat dan juga Amerika Utara, Chris Kinard pun tak tersaingi sebagai pebulutangkis terbaik di Amerika Serikat.

Di level internasional, dengan mengikuti berbagai turnamen bergengsi, meski tak bisa meraih juara Chris Kinard bisa menaikan peringkatnya. Hingga mencatatkan capaian tertinggi sebagai pebulutangkis tunggal putra peringkat kesembilan dunia pada 1980.