Lin Dan Umumkan Pensiun, Media China: Era Big Four Resmi Berakhir

Sabtu, 4 Juli 2020 14:03 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Setelah pengumuman pengunduran diri Lin Dan dari dunia bulutangkis internasional, media China menyatakan bahwa resmi berakhir sudah era Big Four. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Setelah pengumuman pengunduran diri Lin Dan dari dunia bulutangkis internasional, media China menyatakan bahwa resmi berakhir sudah era Big Four.

INDOSPORT.COM - Setelah pengumuman pengunduran diri Lin Dan dari dunia bulutangkis internasional, media China menyatakan bahwa resmi berakhir sudah era Big Four.

Big Four merupakan sebuah julukan yang disematkan untuk empat pemain tunggal putra, yakni Peter Gade, Taufik Hidayat, Lee Chong Wei dan Lin Dan yang menjadi ikonik bulutangkis yang begitu mendominasi.

Pada Sabtu (04/07/20) hari ini, Lin Dan secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Bulutangkis China setelah 20 tahun berkarier mulai dari tahun 2000 silam.

Lin Dan merupakan salah satu pemain bulutangkis putra terbaik yang pernah dimiliki China. Legenda kelahiran 14 Oktober 1983 tersebut merupakan satu-satunya pebulutangkis tunggal putra yang berhasil mengoleksi seluruh gelar Grand Slam di bulutangkis.

Tidak hanya itu, Lin Dan juga telah menobatkan dirinya sebagai tunggal putra pertama yang berhasil meraih dua medali emas Olimpiade secara beruntun, di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Seluruh media internasional bahkan tak sungkan untuk mengakui kehebatan seorang Lin Dan. Beberapa waktu lalu, surat kabar Spanyol, Marca juga menobatkannya sebagai satu-satunya atlet bulutangkis yang paling berpengaruh.

Tentu saja, setelah pengumuman pengunduran diri Lin Dan, media China, Sports Sina berujar bahwa era Big Four telah resmi berakhir karena seluruh membernya kini sudah mengumumkan secara resmi pengunduran diri mereka dari dunia bulutangkis.

Diawali dari Peter Gade yang memutuskan pensiun pada tahun 2012. Kemudian dilanjutkan oleh Taufik Hidayat yang memutuskan gantung raket pada tahun 2013.

Dan selang enam tahun setelahnya, Lee Chong Wei dengan berderai air mata harus mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia yang telah membesarkan namanya.

Kini, satu tahun setelah pengunduran diri Lee Chong Wei dari dunia bulutangkis, Lin Dan akhirnya secara resmi mengumumkan keputusannya untuk mengikuti jejak ketiga rekannya untuk mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya.

Tentu saja, dengan keputusan Lin Dan pensiun, maka resmi berakir sudah era Big Four dan kini sektor tunggal putra bersiap untuk menyambut era Big Four yang baru, dan siapakah mereka?