Putuskan Pensiun, Inilah Sosok Atlet Panutan Lin Dan

Minggu, 12 Juli 2020 15:55 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shi Tang/Getty Images
Selepas resmi memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis internasional, pebulutangkis Lin Dan mengungkapkan kalau sosok ini yang menjadi panutannya. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Selepas resmi memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis internasional, pebulutangkis Lin Dan mengungkapkan kalau sosok ini yang menjadi panutannya.

INDOSPORT.COM - Selepas resmi memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis internasional, pebulutangkis Lin Dan mengungkapkan kalau sosok ini yang menjadi panutannya.

Pebulutangkis dan legenda China, Lin Dan diketahui resmi mengumumkan pensiun dari Timnas Bulutangkis China sekaligus dunia bulutangkis internasional pada Sabtu (04/07/20) lalu.

Lin Dan memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis internasional setelah dirinya berkarier selama 20 tahun dari tahun 2000 sampai 2020. Selepas pensiun, pebulutangkis yang dijuluki Super Dan itu pun membeberkan siapa sosok yang menjadi panutannya.

Sosok yang menjadi panutan Lin Dan, tak lagi dan tak bukan adalah Roger Federer yang merupakan pemain tenis kenamaan dunia dan peraih terbanyak gelar Grand Slam untuk saat ini.

Ada beberapa alasan yang membuat Lin Dan begitu mengidolakan sosok Roger Federer, di mana salah satunya, legenda bulutangkis China menyebut kalau semangat dan motivasi yang ditunjukkan oleh petenis Swiss tersebut di usianya yang sudah tak lagi muda adalah alasan utamanya.

"Dia (Roger Federer) adalah pemain terbaik di tenis, dan dia masih bersikeras di usianya yang relatif tua. Itu menjadi panutan saya. Media dan penggemar memberi saya penilaian yang relatif tinggi, terima kasih atas dukungan Anda," ujar Lin Dan dikutip dari media Sports Sina.

Roger Federer sendiri di usianya yang telah memasuki hampir kepala 4, belum lagi memikirkan kapan dirinya akan mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya, meskipun Lin Dan sendiri pada akhirnya telah memutuskan mundur dari turnamen bulutangkis internasional.

Tetapi, pemain yang mengoleksi gelar Grand Slam lengkap di bulutangkis menyebut kalau dirinya tetap akan bermain di liga bulutangkis China pada tahun 2021 mendatang dengan syarat bobot tubuhnya tidak bertambah.