Kisah Miris Keluarga Joko Suprianto di Olimpiade: Pupus Tanpa Medali

Jumat, 17 Juli 2020 23:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Michael Steele /Allsport/Getty Images
Zelin Resiana dan Bambang Suprianto di Olimpiade 2000. Copyright: © Michael Steele /Allsport/Getty Images
Zelin Resiana dan Bambang Suprianto di Olimpiade 2000.

INDOSPORT.COM - Berpredikat sebagai salah satu keluarga terbaik di dunia bulutangkis rupanya tak selaras dengan nasib keluarga Joko Suprianto di panggung Olimpiade.

Keluarga legenda bulutangkis Indonesia, baik itu Joko Suprianto dan istrinya Zelin Resiana, semuanya pernah bermain di panggung Olimpiade.

Joko Suprianto diketahui pernah bermain di panggung Olimpiade Atlanta 1996. Zelin Resiana pernah bermain di dua edisi, yakni Olimpiade Atlanta 1996 dan Olimpiade Sydney 2000.

Joko Suprianto yang saat itu berpredikat sebagai unggulan pertama di Olimpiade Atlanta 1996, rupanya sudah harus tumbang di babak perempat final oleh wakil Malaysia, Rashid Sidek dalam pertandingan dua game dengan skor 5-15, 12-15.

Hasil tersebut pun harus membuat legenda tunggal putra Indonesia, Joko Suprianto pulang tanpa medali dari panggung Olimpiade Atlanta 1996.

Senasib dengan sang suami, Zelin Resiana pun bernasib serupa. Bersama Eliza Nathanael, istri dari Joko Suprianto berhasil menembus babak perempat final Olimpiade Atlanta 1996.

Namun perjalanan Zelin/Eliza ternyata sudah harus selesai di perempat final setelah takluk dari pasangan China, Ge Fei/Gu Jun.

Demikian pula dengan Zelin Resiana. Lolos ke Olimpiade Sydney 2000 bersama Bambang Suprianto, ia lagi-lagi harus melewatkan medali.

Demikianlah kisah keluarga Joko Suprianto yang sepertinya tidak berjodoh dengan turnamen bulutangkis bernama Olimpiade. Harapan mereka untuk meraih medali di acara terbesar olahraga dunia itu terpaksa pupus di tengah jalan.