Lin Dan Beberkan 'Jasa' Lee Chong Wei dalam Kesuksesan Kariernya

Sabtu, 18 Juli 2020 11:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Di balik karier mentereng Lin Dan sebagai pebulutangkis, ternyata ada jasa Lee Chong Wei. Legenda Malaysia itu secara tidak langsung membuat Lin Dan mengemas puluhan gelar bergensi selama 20 tahun.

Mantan tunggal putra China, Lin Dan, bisa dibilang salah satu pebulutangkis terhebat sepanjang masa. Deretan trofi berhasil dia raih, termasuk dua medali emas Olimpiade dan lima gelar Kejuaraan Dunia.

Di balik rentetan gelar yang dia itu, persaingan sengitnya dengan Lee Chong Wei menjadi salah satu faktor yang membantunya melampui batasnya sendiri, sesuatu yang tak dia peroleh melalui latihan.

Hal ini diungkapkan pria 36 tahun itu saat dia menggambarkan sosok Lee Chong Wei dalam sebuah sesi talk show yang dibawakan legenda tenis meja China, Deng Yaping.

“Dia (Lee Chong Wei) merupakan olahragawan yang sangat, sangat hebbat. Dia berlatih sangat keras setiap hari untuk berada dalam kondisi prima sehingga dia bisa mengalahkan saya dan jadi juara,” kata Lin Dan dinukil dari The Star Malaysia.

“Terkadang, punya lawan yang hebat lebih penting dari pelatih. ketekunan dan kekuatannya (Chong Wei) benar-benar mendorong saya (keluar batas). Saat Anda berpikir ini sudah ‘baik-baik saja’, dia akan membuat Anda meningkatkan level Anda,” jelas Lin Dan.

Lin Dan sendiri juga mengakui bahwa menghadapi pemain dan lawan yang kuat seperti Lee Chong Wei membuat semua pencapaian yang telah dia raih terasa memuaskan.

Di sepanjang kariernya yang membentang selama 20 tahun itu, Lin Dan sudah berhasil mengoleksi gelar Grand Slam, alias sembilan gelar juara utama di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, Piala Thomas, Piala Sudirman, Final Seri Super Masters, All England, Asian Games dan Badminton Asian Championshio.

Sementara, Lin Dan dan Lee Chong Wei berjumpa pertama kali di final Thomas Cup Asia Preliminaries 2004. Pada pertandingan ini, Lin Dan berhasil memetik kemenangan atas Chong Wei.

Namun, perjumpaan itu bukanlah awal rivalitas keduanya. Bisa dibilang Lin Dan dan Lee Chong Wei mulai timbul rasa bersaing 15 tahun silam di Kuala Lumpur, tepatnya di ajang Malaysia Open 2005.

Sejak saat itu Lin dan dan Lee Chong Wei tercatat udah bertemu di lapangan sebanyak 40 kali. Lin Dan lebih mendominasi dengan memenangi 28 laga di antaranya.