Reaksi Susy Susanti Soal Pemain yang Mundur dari Pelatnas Disorot Media Asing

Sabtu, 18 Juli 2020 03:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Dimas Ramadhan/Indosport.com
Media asing asal China, Aiyuke, kembali menyoroti reaksi Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, perihal pemain yang mundur dari Pelatnas. Copyright: © Dimas Ramadhan/Indosport.com
Media asing asal China, Aiyuke, kembali menyoroti reaksi Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, perihal pemain yang mundur dari Pelatnas.

INDOSPORT.COM - Media asing asal China, Aiyuke, kembali menyoroti reaksi Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, yakni Susy Susanti perihal banyaknya pemain yang mundur dari pelatnas.

Tahun 2020 seperti menjadi ajang pengunduran diri berjamaah para atlet bulutangkis Indonesia dari Pelatnas Cipayung. Setidaknya, sudah empat pemain yang memutuskan mundur dan hal ini menjadi sorotan media China.

Keempat pemain tersebut adalah Tontowi Ahmad (ganda campuran), Vicky Angga Saputra (tunggal putra) dan Muhammad Fachrikar P. Mansur (ganda putra). Teranyar ada Ade Yusuf Santoso yang merupakan pemain ganda putra sekaligus pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira.

Tontowi Ahmad diketahui memutuskan mundur dari Pelatnas Cipayung setelah merasa diperlakukan tidak seperti seharusnya karena diberi SK magang oleh PBSI. Tetapi setelah itu, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis.

Untuk pemberian SK magang pada Tontowi Ahmad, sebelumnya Susy Susanti telah memberikan klarifikasi, kemudian perihal Ade Yusuf Santoso yang baru saja memberikan surat pengunduran diri per 19 Juni 2020, begini jawaban Kabid Binpres.

"Ade sudah mengajukan surat pengunduran diri, dia bilang mau main profesional di luar pelatnas," ujar Susy Susanti dikutip dari situs Badmintonindonesia.org.

"Waktu mengundurkan diri, Ade mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang selama ini diberikan. PBSI juga berterima kasih atas dedikasi Ade sebagai anggota timnas yang sudah berjuang untuk nama Indonesia," cetusnya

Kemudian perihal pengunduran diri dari dua pemain lainnya, yakni Vicky Angga Saputra (tunggal putra) dan Muhammad Fachrikar P. Mansur (ganda putra) dari Pelatnas Cipayung. Susy Susanti mengakui sangat menghargai keputusan setiap atlet dan pernyataannya ini pun menjadi sorotan media China.

"Vicky dan Fachrikar ingin melanjutkan karier mereka di luar pelatnas dan kami menghargai keputusan mereka. Sebelumnya Tontowi juga sudah mundur dari pelatnas pada Mei lalu," pungkasnya.

PBSI sendiri saat ini tengah menggelar turnamen bulutangkis internal bekerja sama dengan Mola TV bertajuk Mola TV PBSI Home Tournament yang kini telah memasuki penyelenggaraan minggu keempat. Pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto berhasil keluar sebagai juara di sektor ganda putri.