Ditempa Latihan Keras di Indonesia, Nhat Nguyen Menjelma Jadi Pemain Mematikan Irlandia

Jumat, 24 Juli 2020 15:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© (Photo By Seb Daly/Sportsfile via Getty Images)
Pebulutangkis Irlandia berdarah Vietnam, Nhat Nguyen, yang berpeluang lolos ke Olimpiade Tokyo mewakili negaranya ternyata pernah berlatih di Indonesia. Copyright: © (Photo By Seb Daly/Sportsfile via Getty Images)
Pebulutangkis Irlandia berdarah Vietnam, Nhat Nguyen, yang berpeluang lolos ke Olimpiade Tokyo mewakili negaranya ternyata pernah berlatih di Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Irlandia berdarah Vietnam, Nhat Nguyen, berpeluang lolos ke Olimpiade Tokyo mewakili negaranya. Nguyen sendiri pernah mencicipi rasanya dilatih pelatih tunggal putra asal Indonesia, Irwansyah.

Nhat Nguyen merupakan pebulutangkis berusia 20 tahun kelahiran Vietnam. Ketika usianya menginjak enam tahun, orang tuanya membawa dia dan kakak perempuannya hijra ke Dublin, Irlandia untuk kehidupan baru.

Sejak saat itu pula, Nhat Nguyen mengawali karier bermain bulutangkis di sebuah klub lokal di ibu kota Irlandia bersama ayahnya.

Perjalanan Nhat Nguyen menjadi salah satu pebulutangkis yang cukup diperhitungkan di negaranya  terbilang tidak mudah. Dia harus melalui berlatih keras hingga akhirnya memastikan peluang lolos ke Olimpiade Tokyo yang digelar tahun depan.

Menceritakan pengalaman berlatih bulutangkis, Nhat Nguyen mengaku pernah mengunjungi Indonesia. Saat itu libur sekolah musim panas dimanfaatkan oleh peraih medali emas kejuaraan Eropa U-17 2016 ini dengan menjalani training camp.

“Ya, saya pergi ke Indonesia selama dua bulan untuk kamp pelatihan. Mantan pelatih saya (Irwansyah dari Indonesia), yang saat ini menjadi pelatih di pelatnas Indonesia sehingga dia memasukkan saya ke klub di sana, di luar Jakarta,” jelas Nguyen pada 2017 silam seperti dilansir dari Irish Examiner.

Pengalamannya berlatih di Indonesia di bawah asuhan Irwansyah ini jadi bagian tidak terlupakan bagi Nguyen karena saat itu Nguyen tidak hanya ditempa dengan latihan fisik namun juga mental.

Nyuhen berlatih dua hingga tiga kali dalam sehari selama seminggu. Dia merasa latihan itu telah menguras energi dan pikirannya, apalagi dia hanya berlatih seorang diri selama sebulan pertama. Di bulan kedua, dia ditemani Paul Reynolds yang menjadi rekan tandemnya di ganda putra.

Sebelum fokus di sektor tunggal putra, Nguyen memang dipasangkan dengan Paul Reynolds untuk ganda putra Irlandia. Nguyen memenangkan gelar internasional senior pertamanya di Polish International 2017 bersama Reynolds.

Di tahun yang sama, dia memenangkan gelar tunggal putra di ajang Welsh International, sebelum kemudian jadi runner up di ajang Irish Open.  Pencapaiannya itu membuat Nguyen jadi pemain yang bakal diandalkan Irlandia untuk tampil di Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung tahun 2021 mendatang.

Walaupun Olimpiade Tokyo terpaksa ditunda selama setahun akibat pandemi virus corona, Nguyen tetap giat berlatih. Beruntung, lingkungan rumahnya dilengkapi dengan fasilitas gym sehingga memudahkan dia menjangkau akses olahraga.

Sekedar informasi, pelatih Irwansyah memang pernah jadi pelatih di Irlandia sebelum akhirnya dia pulang ke Tanah Air untuk menjadi asisten pelatih tunggal putra di pelatnas sejak 2016.