Pebulutangkis India Bongkar Keunggulan Lin Dan dari Atlet Lain di Dunia

Selasa, 28 Juli 2020 19:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis wanita asal India, Jwala Gutta, mengatakan  Lin Dan punya kecerdasan yang lebih tinggi di atas pemain lainnya. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis wanita asal India, Jwala Gutta, mengatakan Lin Dan punya kecerdasan yang lebih tinggi di atas pemain lainnya.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis wanita asal India, Jwala Gutta, memiliki kenangan tersendiri oleh legenda China, Lin Dan. Di mata atlet 36 tahun itu, Lin Dan punya kecerdasan yang lebih tinggi di atas pemain lainnya.

Lin Dan memutuskan gantung raket di usianya yang ke-37 awal bulan ini. Keputusannya itu agak mengejutkan mengingat sang pemain masih bermimpi bisa tampil di Olimpiade Tokyo tahun depan.

Banyak pihak yang kemudian mengenang bagaimana sosok Lin Dan kala bertandingan di lapangan, tak terkecuali pebulutangkis yang dikenal dengan keahlian tangan kirinya, Jwala Gutta.

Kepada Olympic Channel, Jwala Gutta menjelaskan bahwa keksuksesan Lin Dan yang fenomenal dalam sejarah bulutangkis lebih karena kecerdasan yang dia miliki ketimbang kekuatan fisiknya.

“Saya rasa Lin Dan adalah pemain yang cerdas. Dia tahu bagaimana menghemat energi dan tahu bagaimana membuat lawan kelelahan,” lanjut Gutta.

“Dia terbiasa berjalan di lapangan! Anda tidak bisa berjalan di lapangan kecuali Anda tahu di area lapangan mana si lawan kembali membalas,” dia menjelaskan.

“Mungkin kesannya Lin Dan arogan, namun dia hanya cerdas. Ada banyak juara namun hanya beberapa yang jadi legenda,” tambah Gutta.

Lin Dan sendiri mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis setelah menjalani 20 tahun karier yang sarat trofi. Selama dua dekade itu, dia telah memenangkan 666 kemenangan dan sekarung medali juara.