Jalani Turnamen Internal, Pebulutangkis Malaysia Alami Pusing Sampai Pingsan

Jumat, 14 Agustus 2020 20:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Turnamen internal yang digelar oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) justru menuai polemik. Dua tunggal putra andalan mengalami pusing hingga kram yang berujung pada kekalahan.

Turnamen bulutangkis internal yang bertajuk BAM Invitational Championships ini memasuki Divisi Pertama tunggal putra yang dihebat di Akademi Badminton Malaysia, Bukit Kiara.

Secara mengejutkan, tiga dari 10 pebulutangkis yang diundang dalam turnamen ini harus mengalami kondisi tidak mengenakkan selama turnamen.

Dilansir dari Stadium Astro, unggulan pertama tunggal putra Lee Zii Jia merasa pusing usai menjalani pertandingan sengit selama 80 menit melawan Soong Joo Ven. Di pertandingan ini, Lee juga kalah secara tiga set, 21-19, 11-21, 29-27.

Bukan hanya Lee saja yang tumbang di hari pertama turnamen. Liew Daren yang berperingkat 41 dunia juga pingsan  dan kram usai menghadapi Cheam June Wei, di mana dia kalah 18-21, 11-21.

Usai pertandingan itu, Liew Daren memutuskan mundur dari turnamen. Sebelum Lee dan Liew, ganda campuran Goh Soon Huat juga ditarik keluar dari turnamen karena mengeluh sakit punggung.

Pelatih  tunggal putra Malaysia asal Indonesia, Hendrawan mengatakan bahwa situasi yang dialami Liew dan Lee sendiri biasa terjadi lantaran sudah lama tidak bermain di pertandingan kompetitif.

Sebagaimana diketahui, BAM memutuskan untuk menggelar turnamen internal secara tertutup guna memastikan para pebulutangkis nasional tetap kompetitif menyusul pembatalan beberapa turnamen internasional karena pandemi virus corona (COVID-19).

Turnamen ini juga dilangsungkan untuk mempersiapkan fisik dan mental pada pebulutangkis menjelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan dilangsungkan di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober mendatang. Kejuaraan bulutangkis ini akan berlangsung di Ceres Arena.