2 Pebulutangkis Indonesia yang Berhasil Raih 20 Gelar Lebih, Siapa Saja?

Selasa, 18 Agustus 2020 08:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images/Shi Tang
Sejak era bulutangkis modern dimulai, hanya ada 2 pebulutangkis Indonesia yang mampu raih lebih dari 20 gelar, siapa sajakah mereka? Copyright: © Getty Images/Shi Tang
Sejak era bulutangkis modern dimulai, hanya ada 2 pebulutangkis Indonesia yang mampu raih lebih dari 20 gelar, siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM - Sejak era bulutangkis modern dimulai, hanya ada 2 pebulutangkis Indonesia yang mampu raih lebih dari 20 gelar, siapa sajakah mereka?

Sejak dimulainya era Super Series pada 2007 hingga akhirnya berganti menjadi BWF World Tour, hanya ada dua pemain Indonesia yang mampu mengoleksi lebih dari 20 gelar di dunia bulutangkis.

Dimana dua pemain Indonesia tersebut adalah peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, yakni Tontowi Ahmad dan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008, yaitu Hendra Setiawan.

Baik Tontowi Ahmad dan Hendra Setiawan tercatat berhasil mengumpulkan lebih dari 20 gelar setelah era Super Series dimulai pada 2007 sampai berganti ke era BWF World Tour pada 2018.

Eks pebulutangkis ganda campuran Tontowi Ahmad tercatat berhasil mengumpulkan total 27 gelar yang diakumulasi dari 16 gelar Super Series, lima gelar Grand Prix dan dua gelar yang diraihnya di ajang BWF World Tour.

Sementara legenda ganda putra Indonesia yang sampai saat ini masih terus bermain, yakni Hendra Setiawan tercatat berhasil mengumpulkan 26 gelar yang diakumulasi dari 18 gelar Super Series, empat gelar Grand Prix dan empat gelar BWF World Tour.

Berbeda dengan Tontowi Ahmad yang telah mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis pada Mei lalu, Hendra Setiawan masih berpeluang besar menambah pundi-pundi gelarnya di turnamen BWF World Tour.

Pada tahun lalu, Hendra Setiawan sebenarnya berhasil mencapai 10 partai final di gelaran BWF World Tour pada turnamen Indonesia Masters, All England, Singapore Open, New Zealand Open, Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open, Hong Kong Open, dan BWF World Tour Finals.

Tetapi dari 10 partai final yang berhasil ditembusnya, legenda ganda putra Indonesia, Hendra Setaiwan hanya berhasil mengonversi tiga turnamen saja menjadi gelar yaitu All England, New Zealand Open dan yang terakhir BWF World Tour Finals. Sementara sisanya, The Daddies kebanyakan kalah dari junior mereka, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.