Hanya Ada 2 Negara yang Berhasil Meraih Piala Thomas 5 Kali Beruntun

Selasa, 18 Agustus 2020 15:50 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Sejak digelar pada tahun 1949, hanya ada dua negara yang berhasil meraih Piala Thomas lima kali beruntun, negara mana sajakah itu? Copyright: © Humas PBSI
Sejak digelar pada tahun 1949, hanya ada dua negara yang berhasil meraih Piala Thomas lima kali beruntun, negara mana sajakah itu?

INDOSPORT.COM - Sejak digelar pada tahun 1949, hanya ada dua negara yang berhasil meraih Piala Thomas lima kali beruntun, negara mana sajakah itu?

Piala Thomas merupakan salah satu kompetisi beregu putra yang digelar dua tahun sekali oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dimana tahun pertama penyelenggaraannya yaitu di tahun 1949.

Semenjak digelar untuk kali pertama pada tahun 1949, hanya ada dua negara yang berhasil meraih Piala Thomas 5 kali beruntun. Dua negara tersebut adalah Indonesia dan China.

Tim putra Indonesia berhasil meraih trofi Piala Thomas lima kali beruntun dimulai pada tahun 1994 sampai tahun 2002. Di edisi Piala Thomas 1994, tim putra Tanah Air mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0.

Kemudian di edisi Piala Thomas 1996, tim putra Indonesia mengalahkan Denmark di partai final dengan skor 5-0. Lalu berlanjut di Piala Thomas 1998, dimana tim putra Tanah Air berhasil mengalahkan China dengan skor 3-2.

Lalu berlanjut di edisi Piala Thomas 2000, dimana tim putra Indonesia sukses kalahkan China dengan skor 3-0 untuk meraih trofi Piala Thomas empat kali beruntun, dan terakhir ditutup pada tahun 2002 dimana Indonesia mengalahkan Malaysia untuk meraih trofi turnamen beregu putra dua tahunan lima kali beruntun.

Kesuksesan Indonesia diikuti oleh tim putra China. Pada tahun 2004, tim putra Negeri Tirai Bambu mengalahkan Denmark dengan skor 3-1, kemudian dua tahun kemudian, tepatny a di tahun 2006, mereka juga lagi-lagi mengalahkan Denmark dengan skor 3-0.

Berlanjutkan ke Piala Thomas edisi 2018, dimana tim putra China berhasil membungkam Korea Selatan dengan skor 3-1 untuk merengkuh trofi Piala Thomas tiga kali beruntun. Nasib mujur China pun terus berlanjut di tahun 2010, dimana mereka sukses mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0.

Lalu di tahun 2012, tim putra China sukses meraih trofi Piala Thomas lima kali beruntun selepas mengalahkan Korea Selatan di partai final dengan skor 3-0, dan menjadi negara kedua yang berhasil meraih trofi Piala Thomas lima kali beruntun setelah Indonesia.