2 Negara Peraih Lebih dari 30 Gelar Super Series Sektor Ganda Putra

Rabu, 19 Agustus 2020 18:10 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Inilah dua negara yang berhasil meraih lebih dari 30 gelar di sektor ganda putra pada era Super Series, ada Indonesia? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Inilah dua negara yang berhasil meraih lebih dari 30 gelar di sektor ganda putra pada era Super Series, ada Indonesia?

INDOSPORT.COM - Inilah dua negara yang berhasil meraih lebih dari 30 gelar di sektor ganda putra pada era Super Series, ada Indonesia?

BWF Super Series merupakan rangkaian turnamen grade 2 yang diluncurkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada 14 Desember 2006 dan diterapkan pada tahun 2007.

Sejak tahun 2011, Super Series mencakup dua level, yaitu Super Series Premier dan Super Series. Untuk Super Series Premier, poin yang ditawarkan jauh lebih besar dan total hadiahnya jauh lebih besar.

Tetapi pada Maret 2017 lalu, BWF mengumumkan perubahan struktur turnamen dari Super Series ke BWF World Tour yang mulai berlaku mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021.

Di era Super Series, hanya ada dua negara yang berhasil meraih lebih dari 30 gelar pada era Super Series. Dua negara tersebut, tak lain dan tidak bukan adalah negara Indonesia dan Korea Selatan.

Indonesia diketahui berhasil meraih 31 gelar pada sektor ganda putra di era Super Series. Pencapaian Indonesia ini belum yang terbaik, karena Korea Selatan jauh lebih baik dalam raihan gelar di sektor ganda putra pada era Super Series yakni dengan 44 gelar.

Korea Selatan memang menjadi negara terbaik dalam urusan raihan gelar di sektor ganda putra pada era Super Series, di mana 44 gelar yang berhasil diraih Korea tidak mampu disaingi oleh negara manapun, baik itu China atau pun Indonesia.

Situasi ini berbanding terbalik ketika era BWF World Tour dimulai, di mana Indonesia memang berhasil menjadi negara adikuasa di sektor ganda putra dengan mendominasinya pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan ganda putra Tanah Air lainnya dalam kurun waktu selama tiga tahun.

Jika bisa terus berprestasi dalam waktu yang lama, bukan tak mungkin jika Indonesia bisa melewati pencapaian Korea Selatan di era Super Series pada era BWF World Tour khususnya untuk raihan gelar di sektor ganda putra.