Hanya Negara Ini yang Mendominasi Raihan Gelar di 4 Sektor pada Era Super Series

Rabu, 19 Agustus 2020 15:41 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Inilah negara yang mampu mendominasi raihan gelar terbanyak di empat sektor saat era Super Series, Indonesia? Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Inilah negara yang mampu mendominasi raihan gelar terbanyak di empat sektor saat era Super Series, Indonesia?

INDOSPORT.COM - Inilah negara yang mampu mendominasi raihan gelar terbanyak di empat sektor saat era Super Series, Indonesia?

BWF Super Series merupakan rangkaian turnamen grade 2 yang diluncurkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada 14 Desember 2006 dan diterapkan pada tahun 2007.

Sejak tahun 2011, Super Series mencakup dua level, yaitu Super Series Premier dan Super Series. Untuk Super Series Premier, poin yang ditawarkan jauh lebih banyak dan total hadiahnya juga jauh lebih besar.

Tetapi pada Maret 2017 lalu, BWF mengumumkan perubahan struktur turnamen dari Super Series ke BWF World Tour yang mulai berlaku mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021.

Di era Super Series, hanya negara China yang berhasil mendominasi raihan gelar di empat sektor, mulai dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.

Di sektor tunggal putra, negara China berhasil mengumpulkan 52 gelar. satu-satunya yang mampu menyaingi perolehan gelar China hanyalah Malaysia yaitu dengan 47 gelar.

Sedangkan negara lain seperti Indonesia, Korea Selatan hingga Jepang, sangat tertinggal jauh dari raihan gelar China pada sektor tunggal putra di era Super Series. Demikian pula di sektor tunggal putri, tim bulutangkis Negeri Tirai Bambu sangat mendominasi.

Tercatat, tim China berhasil mengoleksi 73 gelar meninggalkan seluruh pesaingnya seperti Indonesia, Korea hingga Jepang. Sama halnya di sektor ganda putri. Raihan 100 gelar dari wakil Negeri Tirai Bambu pada era Super Series sama sekali tidak bisa disaingi oleh kompetitornya.

Pada sektor ganda campuran pun juga sama, tim bulutangkis China sukses mendominasi dengan 77 gelarnya, meninggalkan negara-negara saingannya seperti Indonesia, Jepang hingga Korea Selatan yang bahkan tidak mampu tembus dari 50 gelar.