Malaysia Ingin Gunakan Jasa Pemain Cadangan, Pertanda Baik untuk Indonesia?

Sabtu, 22 Agustus 2020 13:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Thestar.com
Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) berencana menggunakan jasa pemain cadangan di PialaThomas 2020, pertanda baik untuk Indonesia? Copyright: © Thestar.com
Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) berencana menggunakan jasa pemain cadangan di PialaThomas 2020, pertanda baik untuk Indonesia?

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) berencana menggunakan jasa pemain cadangan di Piala Thomas 2020. Pertanda baik untuk Indonesia?

Cederanya dua tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao membuat BAM berencana menggunakan jasa pemain-pemain cadangan seperti Ng Tze Yong, Liew Daren, hingga Soong Joo Ven.

Seperti diketahui dalam turnamen bulutangkis internal yang digelar oleh BAM pada 11-16 Agustus lalu, Lee Zii Jia hingga Leong Jun Hao mengalami cedera. Kedua tunggal putra muda Malaysia itu harus menepi sejenak dari pelatihan untuk menjalani perawatan.

Padahal, turnamen Piala Thomas 2020 hanya tinggal hitungan bulan saja, dan tentunya akan menjadi kerugian tersendiri bagi Malaysia yang berada satu grup dengan Indonesia, Belanda, dan Inggris di kompetisi Piala Supremasi.

Namun, Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann, mengakui pihaknya tidak sepenuhnya harus bergantung pada Lee Zii Jia atau Leong Jun Hao saja. Posisi untuk pemain tunggal putra Malaysia yang akan dibawa bertanding ke Piala Thomas 2020 masih terbuka.

Bahkan, BAM tak masalah jika nantinya harus menggunakan jasa pemain independen seperti Soong Joo Ven hingga Liew Daren yang juga tampil mengesankan di turnamen bulutangkis internal untuk Piala Thomas 2020.

"Saya pikir pemain independen seperti Liew Daren dan Soong Joo Ven juga memberikan penampilan yang bagus di Kejuaraan Undangan, meskipun juga menderita cedera," kata Wong Choong Hann.

“Karena usia mereka, proses pemulihan mungkin memakan waktu lebih lama tapi bukan berarti mereka tidak punya pengalaman untuk menawarkan skuat nasional. Semua opsi masih sangat terbuka," ujar Wong Choong Hann dikutip dari News Straits Times.

Jika BAM memutuskan untuk menggunakan jasa pebulutangkis cadangan di Piala Thomas 2020, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Toh PBSI tetap harus waspada, karena walaupun unggul secara head-to-head tetap masih akan berpotensi merepotkan.