Tidak Ada Cai Yun/Fu Haifeng dalam Daftar Raja Ganda Putra, BWF Diprotes

Rabu, 23 September 2020 06:38 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GETTY IMAGES
Tidak sertakan nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng dalam daftar raja ganda putra, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) diprotes media China, Aiyuke. Copyright: © GETTY IMAGES
Tidak sertakan nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng dalam daftar raja ganda putra, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) diprotes media China, Aiyuke.

INDOSPORT.COM - Tidak sertakan nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng dalam daftar raja ganda putra, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) diprotes media China, Aiyuke.

Beberapa waktu lalu, BWF diketahui merilis nama-nama pemain yang mereka sebut sebagai raja ganda putra. Setidaknya ada delapan nama pebulutangkis di sana, mulai dari Jung Jae-sung hingga Lee Yong-dae.

Tetapi, dari daftar pebulutangkis yang dirilis sebagai raja ganda putra, nama pasangan China, Cai Yun/Fu Haifeng memang tidak ada sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dan juga protes.

Berikut ini rincian gelar pebulutangkis yang disebut BWF sebagai raja ganda putra:

Jung Jae-sung

Salah satu legenda ganda putra Korea Selatan, Jung Jae-sung menempati daftar kelima sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Eks rekan duet yang telah meninggal dunia akibat serangan jantung tersebut diketahui telah mengoleksi 22 gelar yang terbagi atas 18 gelar Super Series dan 4 gelar Grand Prix.

Ko Sung-hyun

Legenda ganda putra Korea Selatan lainnya yakni Ko Sung-hyun juga masih menempati daftar kelimat sebagai pemain yang disebut BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Pebulutangkis Ko Sung-hyun diketahui juga telah mengoleksi 22 gelar yang terbagi ke dalam 3 gelar BWF World Tour, 6 gelar Super Series dan 13 gelar Grand Prix.

Hendra Setiawan

Legenda ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 diketahui telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi menjadi 4 gelar BWF World Tour, 18 gelar Super Series dan 4 gelar Grand Prix.

Yoo Yeon-seong

Satu lagi legenda Korea Selatan, yakni Yoo Yeon-seong yang menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Sejauh ini, pemain ganda putra  yang pernah menempati peringkat 1 dunia tersebut telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi menjadi 19 gelar Super Seris dan 7 gelar Grand Prix.

Carsten Mogensen

Salah satu legenda Denmark yang belum lama mengumumkan pensiunnya dari dunia bulutangkis yakni Carsten Mogensen juga menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Eks rekan duet Mathias Boe diketahui telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi ke dalam satu gelar BWF World Tour, 16 gelar Super Series hingga 9 gelar Grand Prix.

Mathias Boe

Legenda bulutangkis Denmark lainnya yang juga pernah menempati peringkat 1 dunia yakni Mathias Boe menempati daftar ketiga sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Eks rekan duet Carsten Mogensen tersebut diketahui telah mengoleksi 28 gelar yang terbagi menjadi 3 gelar BWF World Tour, 16 gelar Super Series dan 9 gelar Grand Prix.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menempati daftar kedua sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Pasangan berjuluk The Minions tersebut telah mengoleksi 30 gelar yang terbagi menjadi 16 gelar BWF World Tour, 11 gelar Super Series untuk Marcus Gideon, 10 gelar Super Series untuk Kevin Sanjaya dan 3 gelar Grand Prix dari Marcus Gideon serta 4 gelar Grand Prix dari Kevin Sanjaya.

Lee Yong-dae

Legenda Korea Selatan lainnya yaitu Lee Yong-dae menempati daftar teratas sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Lee Yong-dae diketahui telah mengoleksi 30 gelar yang terbagi menjadi 3 gelar BWF World Tour, 37 gelar Super Series dan 11 gelar Grand Prix.

Dari kedelapan nama di atas dan tidak adanya nama dari pasangan legendaris China, Cai Yun/Fu Haifeng membuat banyaknya warganet yang mempertanyakan keputusan BWF, padahal pasangan itu telah meraih banyak gelar baik di major event atau turnamen Open.

Media China pun menyebut bahwa walaupun Kejuaraan Dunia dan Olimpiade dikecualikan, namun setidaknya Fu Haifeng telah berhasil meraih 24 gelar di turnamen Open, sehingga setidaknya legenda bulutangkis mereka bisa masuk ke peringkat kelima sebagai raja bulutangkis ganda putra.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
60%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%