Kembali Latihan, Tunggal Putri Jepang Serius Tatap Olimpiade Tokyo

Sabtu, 3 Oktober 2020 18:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara sektor tunggal putri Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal India, P.V. Sindhu pada babak final dengan skor 21-16 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara sektor tunggal putri Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal India, P.V. Sindhu pada babak final dengan skor 21-16 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, ingin mendapatkan hasil yang lebih baik di Olimpiade Tokyo untuk membalas kekecewaannnya ketika gagal di edisi Rio Janeiro 2016.

Akane Yamaguchi dilaporkan bergabung dengan timnas bulutangkis Jepang untuk menjalani latihan di Ajinomoto Nationala Training Center. Ini merupakan latihan perdana setelah lima bulan terhenti akibat pandemi virus corona.

Yamaguchi mengaku sangat senang kembali berlatih di timnas karena membantunya mempersiapkan turnamen bulutangkis, terutama di ajang Olimpiade Tokyo yang ditunda tahun depan.

“Saya ingin menunjukkan permainan dan performa terbaik saya. Saya bisa melakukan lebih dari prestasi di Rio, dan  paling penting, saya ingin meyakinkan diri saya untuk melakukan yang terbaik,” kata Yamaguchi dilansir dari 360badminton.

“Di Olimpiade Rio, saya kecewa akhirnya kalah. Saya ingin membuat (Olimpiade) Tokyo jadi kenangan yang lebih baik dari Rio,” lanjutnya.

Saat tampil di Rio empat tahun silam, Yamaguchi harus tunduk dari rekan senegaranya, Nozomi Okuhara di perempat final. Kekalahan itu membuat dia sangat menyesal, namun ini juga menjadi pelajaran agar dia lebih dewasa.

“Saat saya di Rio, saya masih berada di 10 besar dunia, saya tidak diunggulkan, saya yang termuda, jadi saya merasa seperti bermain melawan semua orang. Namun, ketika Rio berakhir, saya memenangkan Tur Dunia dan peringkatnya naik, saya nisa melihat bahwa saya setara dengan pemain lain.”

Akane Yamaguchi memang sempat diragukan pada awal tahun ini karena kondisi fisiknya akibat cedera. Padahal tahun lalu, dia mampu meraih dua gelar juara bergengsi dalam dua pekan beruntun yakni Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019.

Sementara di tahun ini, dia berhasil menghapus tren negatifnya dengan meraih gelar juara di Thailand Masters 2020. Gelar juara itu dia raih usai menundukkan pemain 17 tahun asal Korea Selatan, An Se-young.