On This Day: Ketika Kevin/Marcus Pecahkan Rekor di Fuzhuo China Open

Rabu, 11 November 2020 09:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Setahun yang lalu, ganda putra bulutangkis andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, memecahkan rekor saat menjuarai Fuzhuo China Open 2019.

Fuzhou China Open tahun ini memang tidak diselenggarakan oleh BWF akibat pandemi virus corona. Namun jika menilik pada turnamen musim lalu, inilah panggung spesial bagi pasangan Kevin/Marcus.

Hari ini, Rabu (11/11/20) menjadi momen peringatan saat Kevin/Marcus memastikan gelar kemenangan di ajang Fuzhou China Open 2019. Pasangan berjuluk The Minions ini menaklukkan wakil Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan dua set langsung 21-17 21-9.

Selain jadi kampiun di ajang tersebut, Kevin/Marcus pulang ke Indonesia dengan mengantongi sejumlah rekor dunia. Salah satunya, Kevin/Marcus jadi ganda putra pertama yang juara Fuzhou China Open secara beruntun.

Seperti diketahui tahun lalu di Fuzhou China Open 2018, pasangan berjuluk Duo Minions itu keluar sebagai juara setelah menaklukan pasangan tuan rumah He Jiting/Tan Qiang.

Sementara itu dalam 14 gelaran Fuzou China Open sebelumnya, belum ada satupun pasangan ganda putra yang mampu melakukan back to back juara. Bahkan, wakil-wakil tuan rumah China sekalipun, yang mendominasi dengan tujuh gelar juara lewat beberapa pasangan.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga menyamai rekor catatan gelar terbanyak di sektor ganda putra turnamen yang pertama digelar pada tahun 2005 itu.

Hingga kini, rekor gelar juara terbanyak sektor ganda putra masih dipegang oleh pasangan tuan rumah, Fu Haifeng/Cai Yun. Dengan catatan du agelar, dari tahun 2007 dan 2010.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga mencatatkan rekor sebagai pebulu tangkis Indonesia tersukses di turnamen tersebut. Sebab, sebelum ini belum ada satupun wakil Indonesia yang mampu meraih dua gelar di sepanjang sejarah Fuzhou China Open.

Dengan catatan total empat gelar, masing-masing wakil Idnonesia baru sekali juara. Mulai dari Liliyanan Natsir/Vita Marissa  di sektor gadna putri tahun 2007, Sony Dwi Kuncoro di sektor tunggal putra tahun 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan ganda putra tahun 2008 dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sendiri tahun lalu.

Uniknya lagi, kemenangan di Fuzhou China Open membawa Kevin/Marus meraih hattrick gelar di tahun 2019, karena sebelumnya mereka sudah mengamankan dua gelar juara berturut di Denmark Open dan French Open.