1 Ciri Khas dari Ganda Putra Indonesia yang Buat Pelatih Denmark Kagum

Senin, 7 Desember 2020 06:06 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Satu ciri khas dari ganda putra Indonesia yang membuat pelatih bulutangkis Denmark Jakob Hoi menjadi sangat kagum, apa itu? Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Satu ciri khas dari ganda putra Indonesia yang membuat pelatih bulutangkis Denmark Jakob Hoi menjadi sangat kagum, apa itu?

INDOSPORT.COM - Satu ciri khas dari ganda putra Indonesia yang membuat pelatih bulutangkis Denmark Jakob Hoi menjadi sangat kagum, apa itu?

Sebagai Kepala Pelatih Denmark di sektor ganda putra, Jakob Hoi mengakui bahwa salah satu tantangan terbesarnya adalah mentalitas.

Menurut Jakob Hoi, sektor ganda putra Denmark memiliki mentalitas yang tidak jauh lebih baik dari sektor tunggal putra, sehingga baik keahlian, akurasi dan kecepatan yang dimiliki tidak berarti apa-apa akibat kurangnya mentalitas.

Tak hanya mentalitas saja yang menurut Jakob Hoi yang masih kurang, tetapi keterampilan dalam menggunakan raket juga menjadi salah satu masalah bagi sektor ganda putra Denmark.

Lebih lanjut Jakob Hoi mencontohkan permainan dari ganda putra Indonesia dan China, yang menurut pelatih ganda putra Denmark memiliki ciri khas tersendiri.

"Tetapi untuk pemain Denmark, kami perlu melihat keterampilan dalam memegang raket, dan di dalamnya kami dapat melakukan permainan cepat seperti Indonesia dan China, dan seperti apa penampilan kami saat mengalahkan mereka," ujar Jakob Hoi dilansir situs resmi BWF.

Bahkan lebih lanjut pelatih ganda putra Denmark Jakob Hoi menyebut bahwa untuk bisa mengalahkan pasangan ganda putra Indonesia, anak asuhnya harus bisa mengambil keputusan cepat, memahami lawan dan kelemahan mereka.

"Dengan keterampilan yang kami miliki, kami perlu menempatkannya dalam (istilah) taktis, kami membutuhkan pengambilan keputusan tingkat tinggi. Kami benar-benar perlu memahami lawan kami dan batasan kami sendiri," lanjutnya.

Menurut Jakob Hoi dengan cara itulah ganda putra Denmark bisa memberikan perlawanan sengit terhadap tim seperti Indonesia yang memiliki pasangan ganda putra dengan kualitas yang tak lagi perlu ditanyakan.

"Jadi jika kami memainkan apa yang kami anggap sebagai bulu angkis yang menyenangkan (saya menyebutnya reli YouTube) jika Anda memainkannya sepanjang waktu," lanjutnya.

"Kecuali jika Anda memiliki teknik atau fisik terbaik di dunia, Anda tidak dapat menang seperti itu. Seseorang harus benar-benar memahami dan memikirkan permainannya, itu hal yang besar," tukasnya.

Saat ini, tugas utama dari Jakob Hoi adalah memastikan pasangan ganda putra Denmark ada yang bisa melaju ke Olimpiade Tokyo pada tahun 2021 mendatang.