Belum Fit, Roger Federer Terancam Absen di Australia Terbuka 2021

Rabu, 16 Desember 2020 09:52 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM Roger Federer menyatakan keraguannya untuk mengikuti Australia Terbuka 2021 nanti. Padahal peraih 20 gelar Grand Slam itu sudah absen bermain sejak Februari tahun ini dan berharap bisa comeback di Australia.

“Saya tadinya berharap bisa (fit) 100 persen di bulan Oktober. Namun sekarang saya belum dalam keadaan 100 persen,” tutur Federer kepada media Swiss, SRF.

“Agak sulit untuk ikut Australia Terbuka. Saya berharap keadaannya lebih baik, tapi saya puas dengan kemajuan yang saya alami saat ini,” imbuhnya.

Petenis berusia 39 tahun itu terakhir bermain di semifinal Australia Terbuka 2020, kalah dari sang juara Novak Djokovic dalam straight set. Ia lalu menjalani operasi lutut di bulan Februari dan Juni. Federer lantas mengumumkan dirinya tak akan bisa bermain saat turnamen dimulai pada Agustus.

Australia Terbuka 2021 sendiri akan dimulai pada 8 Februari, tiga pekan mundur dari jadwal dan para pemain diminta datang antara 15-17 Januari untuk melakukan karantina selama 14 hari sebelum bertanding.

Dalam wawancara bersama sesama pemain Kei Nishikori pada awal bulan ini, Federer menyatakan belum terpikirkan untuk pensiun. Juara Australia Terbuka enam kali ini justru masih ingin bermain di Olimpiade Tokyo tahun depan.

“Tentu saja rencana besar saya untuk bermain di Olimpiade. Mari berharap yang terbaik untuk Olimpiade Tokyo tahun depan,” tutup Roger Federer.