Roger Federer Mulai Latihan di Dubai

Minggu, 20 Desember 2020 22:42 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Petenis Swiss, Roger Federer, sudah mulai berlatih setelah pulih dari cedera. Namun, belum ada kepastian apakah dia akan turun pada Australian Open 2021.

"Saya tadinya berharap bahwa saya akan pulih 100 persen pada Oktober (2020). Namun, sampai sekarang saya belum pulih. Akan sulit untuk ikut Australian Open," kata Federer.

Pemilik 20 gelar grand slam ini sudah tidak bermain sejak menjalani operasi lutut kanan pada Februari 2020, setelah sebelumnya terhenti pada babak semifinal Australian Open.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Federer memulai musim dengan menggelar latihan di Dubai.

Federer punya tambahan waktu untuk mempersiapkan diri karena Australian Open baru akan digelar pada 8 Februari 2021, mundur tiga pekan dari jadwal semua, terkait pandemi Covid-19.

Federer mengatakan bahwa dalam enam bulan terakhir dia sudah mengalami kemajuan.

"KIta lihat dalam dua bulan ke depan. Saya sudah melakukan latihan fisio dan fisik, akhir-akhir ini. Sekarang kita lihat bagaimana dengan tenis," kata Federer.

Sang pelatih, Ivan Ljubicic, juga menegaskan bahwa Federer melakukan semua usaha demi bisa beraksi lagi di lapangan.

"Obyektif pertama jelas, mempersiapkan komitmen untuk 2021, kapan kami bisa bermain kembali. Lalu, kita lihat. Saya bisa katakan Wimbledon, tetapi itu sudah jelas, karena turnamen itu selalu menjadi target utamanya," kata Ljubicic.

Komentar Ljubicic ini seolah menguatkan dugaan bahwa Federer kemungkinan besar tidak akan ambil bagian pada turnamen grand slam pembuka musim, Australian Open 2021.