Ada Nehwal dan Sindhu, PBSI-nya India Umumkan Skuat Resmi Thailand Open

Selasa, 22 Desember 2020 10:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© VCG/VCG via Getty Images
Pusarla V. Sindhu, tunggal putri bulutangkis India Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
Pusarla V. Sindhu, tunggal putri bulutangkis India

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis India (BAI) mengumumkan skuat resmi yang akan berangkat ke Thailand Open pada Januari 2021 nanti. Di antara para pemain, terselip nama  Saina Nehwal dan Pv Sindhu.

Dilansir dari The Sport Star, Saina Nehwal dan PV Sindhu akan menjadi ujung tombak tim bulutangkis India dari sektor tunggal putri untuk dua ajang Thailand Open yang digelar pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari.  

Selain itu, tim India juga akan menurunkan sejumlah pemain andalan, yakni B Sai Praneeth, Kidambi Srikanth, Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty,  Ashwini Ponnappa dan N. Sikki Reddy.

Meski semuanya tampil pada dua turnamen yang berhadiah masing-masing dua juta dolar tersebbut, namun para pemain India tak punya kans besar tampil di BWF World Tour Finals yang digelar pada 27-31 Januari.

Sejauh ini hanya B. Srikanth yang menempati urutan kedelapan dalam peringkat Tur Dunia BWF, jadi dia memiliki peluang untuk mengamankan tempatnya dalam drawing delapan pemain di event penghujung musim itu.

Sementara itu, PV Sindhu yang menjadi andalan India saat ini menduduki peringkat tujuh dunia. Namun dalam rangking Tur Dunia BWF, dia berada di posisi ke-22, lima tingkat di belakang Saina Nehwal, sehingga dipastikan tidak akan lolos.

PV Sindhu sendiri merupakan juara BWF World Tour Finals 2018, dan dia sejatinya punya tiket masuk secara otomatis di event ini. Namun bulan Oktober lalu, BWF mengubah peraturan yang memaksa Sindhu untuk mencapai poin Tur Dunia.

Setelah Thailand Open, para pebulutangkis akan mulai serius menatap sejumlah event kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo pada tengah musim 2021 mendatang.

Sementara sesuai jadwal turnamen yang dirilis BWF, perhitungan poin akan kembali dimulai dengan Swiss Open (2-7 Maret). India Open akan menjadi acara kualifikasi Olimpiade terakhir yang digelar. Turnamen yang sempat dua kali dibatalkan ini ini akan berlangsung di New Delhi dari 11 hingga 16 Mei 2021.