Marcus/Kevin Ketiban Untung, Media China Ungkap ‘Borok’ Endo/Watanabe

Selasa, 22 Desember 2020 14:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Morgan Harlow/PA Images via Getty Images
Marcus Gidoen dan Kevin Sanjaya bersama dengan Yuta Watanabe dan Hiroyuki Endo Copyright: © Morgan Harlow/PA Images via Getty Images
Marcus Gidoen dan Kevin Sanjaya bersama dengan Yuta Watanabe dan Hiroyuki Endo

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo  patut merasa senang setelah media China membongkar kelemahan musuh bebuyutannya, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Baru-baru ini, media di China, Aiyuke, menyoroti siaran televisi TBS Jepang yang mewawancarai pemain tim bulutangkis A dan meminta mereka melakukan pemetaan setiap pemain dalam negeri.

Pemetaan itu berupa grafik kemampuan heksagonal, yang mencakup 6 atribut yaitu kekuatan, psikologi, kecerdasan bermain shuttlecock, kecepatan, kelincahan, dan keterampilan. Skor penuh setiap atribut adalah 5 poin, dan minimal 0 poin.

Di antara para pemain yang diukur kemampuannya, rupanya ada ganda putra andalan Jepang sekaligus pasangan peringkat 5 dunia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe menjadi pasangan ganda putra no 1 di Jepang atas kemampuan mereka mengalahkan peringkat 1 dunia dari Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dalam enam pertandingan berturut-turut.

Dari catatan head-to-head Endo/Watanabe vs Marcus/Kevin ini, media itu menjabarkan bahwa Endo/Watanabe memiliki kemampuan bertahan yang kuat, terbuka dalam evaluasi diri,  punya kekuatan, psikologi, kecepatan, kelincahan dan batting.

Akan tetapi, dari semua kriteria kemampuan yang dinilai dalam grafik heksaginal, Endo/Watanabe ternyata masih kurang dalam hal kecerdasan memainkan bola.

Kelemahan yang diungkap oleh media tersebut tentunya bisa menjadi bahan evaluasi semua lawan berat Endo/Watanabe, termasuk tiga ganda putra tanah air yaitu Marcus/Kevin, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Bagaimanapun, Endo/Watanabe merupakan salah satu ganda putra terkuat di dunia. Marcus/Kevin pun selalu gagal mengalahkan pasangan yang selalu bermain bertahan kala menghadapi The Minons.

Walaupun sempat mengalami kekalahan dua kali beruntun di awal pertemuan, pebulutangkis Jepang Hiroyuki Endo bersama Yuta Watanabe dan berhasil membalas dua kekalahan mereka bahkan membalikkan keadaan.

Dari kemenangan enam kali beruntun yang mereka raih atas Kevin/Marcus salah satunya yang paling sensasional di final All England tahun 2020 di Arena Birmingham, Inggris.

Lewat pertandingan rubber game dengan skor akhir 18-21, 21-12, 19-21, pasangan Jepang Endo/Watanabe berhasil mengalahkan pasangan Kevin/Marcus untuk merebut gelar perdana mereka di ajang All England.