BWF Beri Tanggapan atas Kritik Saina Nehwal

Rabu, 6 Januari 2021 10:53 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Getty Images
Pebulutangkis asal India, Saina Nehwal. Copyright: © Getty Images
Pebulutangkis asal India, Saina Nehwal.

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memberikan tanggapan atas pertanyaan dan kritik yang disampaikan pebulutangkis India, Saina Nehwal, seputar ketentuan bertemu fisioterapis dan pelatih fisik selama mengikuti turnamen di Thailand.

Melalui Twitter, Selasa (5/1/2021), Saina Nehwal mempertanyakan mengapa pemain tidak boleh bertemu fisioterapis atau pelatih fisik selama mengikuti tiga turnamen di Bangkok, Thailand.

Padahal, pemain sangat memerlukannya untuk menjaga kondisi fisik mereka tetap bugar. Nehwal bahkan mengkawatirkan kondisinya tidak akan prima saat mengikuti turnamen yang masuk hitungan kualifikasi Olimpiade Tokyo, mulai Maret 2021.

Ternyata, peraturan tersebut hanya berlaku selama tiga hari pertama saat para pemain menjalani masa karantina di bangkok. Selama periode tersebut, tidak boleh ada yang keluar dari kamar masing-maisng, hingga hasil tes keluar.

Selain itu, setiap negara punya kesempatan berlatih dua kali satu jam, masing-masing digelar pada pagi dan sore.

Pada Selata (5/1/2021), BWF menegaskan bwah peraturan yang ditetepkan tersebut berlaku untuk semua pemain dan tim, tanpa terkecuali.

"Peraturan dengan jelas menyatakan bahwa semua atlet dan personel yang ada di Green Bubble Bangkok harus tinggal di kamar mereka sampai latihan dijadwalkan besok pada 6 Januari (Rabu). Ini aturan yang harus diikuti semua orang."

"Hari ini (Selasa), sekitar tengah hari waktu Bangkik, Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT) dan BWF menerima permintaan dari Saina Nehwal Lewat BAI (Asosiasi Bulutangkis India) yang memintia izin bagi Saina Nehwal untuk bertemu fisioterapisnya."

"BAT sudah memberikan informasi ke BAI dan Saina Nehwa seputar protokol yang ditetapkan dan memberi tahu dia kalau ada prosedur bahwa atlet boleh bertemu fisioterapis mereka di kamar hanya ketika sesi latihan sudah dimulai pada besok, 6 Januari."

"Prosedur atau izin khusus masih diperlukan bagi siapa pun untuk meninggalkan kamar mereka saat menuju Practice Hall, atau jika fisioterapis datang untuk merawat atlet," demikian pernyataan BWF.

Para pebulutangkis dunia saat ini sedang berada di Thailand untuk mengikuti tiga turnamen, yaitu dua event Super 1000 dan World Tour Finals bagi yang lolos. Persaingan dimulai dengan Thailand Open pertama pada 12-17 Januari 2021.