Tidak Terbiasa, Fajar Alfian Derita Sakit Kepala Saat Swab Test di Thailand

Jumat, 8 Januari 2021 22:05 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Humas PBSI
Fajar Alfian jalani swab test PCR di Bangkok, Thailand untuk Yonex Thailand Open 2021. Copyright: © Humas PBSI
Fajar Alfian jalani swab test PCR di Bangkok, Thailand untuk Yonex Thailand Open 2021.

INDOSPORT.COM - Mempersiapkan dan melakoni pertandingan di masa pandemi virus corona merupakan momen pertama bagi seluruh atlet di dunia, termasuk bagi para pebulutangkis Indonesia.

Mereka kini sudah berada di Thailand untuk menyambut tiga turnamen secara beruntun, yakni Yonex Thailand Open 2020, Toyota Thailand Open 2020, dan BWF World Tour Finals 2020.

Tidak hanya fokus pada persiapan, para atlet, pelatih, hingga para staf yang terkait dituntut untuk menjalani protokol kesehatan baru dan berbeda dari biasanya dengan disiplin, salah satunya ialah rutin melakukan Swab Test PCR.

Sejauh ini, skuat Merah Putih telah dua kali melaksanakan Swab Test PCR. Kali pertama ketika sampai di Hotel Novotel Bangkok Impact, Senin (4/1/21). Seluruh personel tim Indonesia dinyatakan aman dan negatif Covid-19.

Tes kedua dijalankan pada Kamis (7/1/21). Bambang Roedyanto selaku Kepala Bidang Luar Negeri PP PBSI pun menyatakan tim bulutangkis Indonesia dalam kondisi aman.

"Menyangkut hal tes, kalau tidak ada keterangan dari panitia, itu berarti hasilnya negatif dan tidak perlu dikhawatirkan," jelas Bambang Roedyanto.

Atlet ganda putra Indonesia, Fajar Alfian, ternyata mengalami pengalaman menarik saat melakukan Swab Test PCR di Thailand. Berbeda dari Indonesia, pasangan Rian Ardianto ini sempat merasa kewalahan dan ‘tersiksa’.

"Memang rasanya sih sama saja karena Saya sudah terbiasa menjalani Swab Test sebelumnya, tapi tes kedua di sini (Thailand) terasa dalam banget. Saya sampai pusing kepala. Beda dengan di Indonesia," ucap Fajar Alfian.

Demi kenyamanan dan keamanan bersama, penyelenggara Thailand Open 2021 akan terus menggelar Swab Test PCR secara berkala. Selanjutnya, tes akan dilaksanakan pada tanggal 11, 15, 18, 22, 26, dan 30 Januari nanti.