Tawari Pengaturan Skor ke Atlet Bulutangkis, Warga Malaysia Diskors BWF

Jumat, 8 Januari 2021 19:45 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© badminton
Ilustrasi Bulutangkis Copyright: © badminton
Ilustrasi Bulutangkis

INDOSPORT.COM - BWF (Federasi bulutangkis Dunia) telah membongkar dua kasus pengaturan skor yang terjadi di dunia bulutangkis. Seorang warga negara Malaysia pun telah dijatuhi hukuman.

Ada dua kasus yang diungkap, kasus pertama tentang delapan pebulutangkis Indonesia yang terlibat match fixing alias pengaturan skor. Sedangkan kasus kedua tentang warga negara Malaysia yang menawarkan pengaturan skor kepada pebulutangkis Internasional.

"Warga negara Malaysia yang merupakan perwakilan brand peralatan yang mensponsori pebulutangkis internasional telah diskors dari semua aktivitas terkait bulutangkis seumur hidup," demikian pernyataan dari BWF di laman resminya, Jumat (8/1/21).

Oknum warga negara Malaysia yang melakukan pengaturan skor itu diketahui bernama Ze Young Lim. Unit Integritas BWF telah menyelidiki Ze Young Lim.selama beberapa tahun.

Dari hasil penyelidikan, BWF Independent Hearing Panel (IHP) menemukan bahwa Young Lim telah mendekati atlet bulutangkis internasional dan menawarkan uang untuk memanipulasi pertandingan.

"Ia telah menyalahgunakan posisinya sebagai eksekutif dalam brand peralatan olahraga untuk merusak citra bulutangkis internasional dan memperkaya diri sendiri," sambungnya lagi.

Karena sifat pelanggaran dan akses serta pengaruh orang ini terhadap pemain yang disponsori perusahaannya, IHP menangguhkan Ze Young Lim dari aktivitas terkait bulu tangkis seumur hidup.

Sesuai Prosedur Yudisial, Young Lim memiliki hak untuk mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dalam waktu 21 hari sejak pemberitahuan keputusan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%