Alarm Serena Willians, Coco Gauff Punya Kans Pecahkan Rekor di Musim 2021

Sabtu, 9 Januari 2021 15:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petenis muda asal Amerika, Coco Gauff, bisa memecahkan rekor grand slam yang dimiliki Serena Williams saat dia berkompetisi di musim 2021.

Coco Gauff sempat menjadi petenis fenomenal di musim 2019. Saat itu di usianya yang masih 15 tahun, dia mengalahkan kakak Serena Williams, Venus, di ajang Wimbledon dan melaju ke babak keempat.

Pada tahun yang sama, dia juga meraih gelar pertamanya di Linz Open. Sejak saat itu dia menjadi bukti kebangkitan bintang tenis muda dan bisa melewati Serena Williams sebagai  juara Grand Slam termuda.

Dalam dunia tenis putri sendiri, sebenarnya ada banyak juara Grand Slam muda, dan yang termuda adalah Martina Hingis. Pada tahun 1997, dia memenangkan Australia Terbuka ketika dirinya berusia 16 tahun dan 117 hari.

Serena Williams sendiri menduduki peringkat keenam sebagai pemenang termuda, saat dia meraih Grand Slam pertamanya di usia 17 tahun dan 350 hari.

Memasuki musim 2021 ini, usia Coco Gauff adalah 16 tahun 301 hari. Itu artinya dia tidak akan bisa mengalahkan rekor Martina Hingis, namun dia masih bisa melelwati Serena sebelum ulang tahunnya yang ke-17.

Itu berarti Coco Gauff  memiliki tantangan besar untuk bisa mencatat rekor tersebut di saat turnamen tenis musim ini diawali dengan ajang Australia Terbuka yang akan digelar pada Februari nanti.

Australia Terbuka akan menjadi kesempatan sempurna bagi Gauff untuk memenangkan Slam sebelum usia 17 tahun. Bila dia mencapainya, dia akan menjadi pemain ke-4 yang melakukannya, setelah Hingis, Monica Seles, dan Tracy Austin.

Pemain asal Amerika itu sendiri mengawali musim dengan tampil di acara pemanasan di Abu Dhabi. Di mengawali turnamen itu dengan baik, termasuk memenangkan pertandingan pertama 6-0, 6-1.

Pencapaia tertinggi Coco Gauff sejauh ini melaju di putaran keempat Wimbledon 2019 dan Australia Terbuka 2020, perempat final ganda di Australia Terbuka 2020, Juara di ajang Linz Open 2019, serta juara ganda di ajang Washington Open 2019 dan Luxembourg Open 2019.