Praveen/Melati Masih Bisa Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020, Ini Syaratnya!

Kamis, 28 Januari 2021 23:46 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pertandingan antara Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand) vs Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) di Thailand Open 2021. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pertandingan antara Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand) vs Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) di Thailand Open 2021.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berhasil meraih kemenangan 22-20, 21-19 atas Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris), pada babak penyisihan Grup A BWF World Tour Fnals 2020, Kamis (28/1/2021).

Kemenangan ini punya arti yang sangat besar bagi Praveen/Melati, karena membuka peluang untuk lolos ke babak semifinal turnamen tutup tahun yang digelar di Impact Arena, Bangkok, tersebut.

"Rasanya luar biasa. Sekarang kami punya peluang melangkah ke semifinal. Ini membuktikan bahwa kami masih layak untuk mendapatkan tempat di semifinal," kata Praveen Jordan setelah pertandingan, dalam rilis Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Praveen/Melati mengakui bahwa Ellis/Smiith merupakan pasangan yang bagus. Melati bahkan mengaku tidak siap pada awal-awal laga, yang membuat mereka tertinggal dalam perolehan poin.

"Lauren Smith bermain bagus. Ada banyak momen ketika dia sangat cepat di depan, dan saya harus benar-benar siap," kata Melati yang beradu di depan net dengan Smith.

Hasil pertandingan hari ini menempatkan Praveen/Melati di posisi ketiga klasemen sementara. Peringkat pertama ditempati pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yujung, yang selalu menang dalam dua laga mereka.

Di posisi kedua, ada pasangan tuan rumah, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Seperti Praveen/Melati, Puavaranukroh/Taerratanachai juga menang satu kali, kalah satu kali.

Pada laga terakhir yang sangat menentukan, Praveen/Melati akan bertemu Seo/Chae pada Jumat (29/1/2021). Bagaimana hitungannya supaya Praveen/Melati bisa melangkah ke semifinal?

Mereka harus menang. Kemenangan (straight game maupun rubber game) akan otomatis mengantar mereka ke babak semiifnal, mendampingi Seo/Chae.

© (Photo by Shi Tang/Getty Images)
Praveen/Melatih kalah di final Thailand Open 2021. Copyright: (Photo by Shi Tang/Getty Images)Praveen/Melatih kalah di final Thailand Open 2021.

Bagaimana jika Puavaranukroh/Taerattanachai berhasil mengalahakan Marcus Ellis/Lauren Smith? Selama Praveen/Melati menang, tetap pasangan Indonesia yang akan melaju ke semifinal.

Hal ini karena Praveen/Melati kalah rubber game dari Puavaranukroh/Taerattanachai lalu menang straight game atas Ellis/Smith. Sementara itu, pada laga kedua, pasangan Thailand kalah dua gim langsung saat bertemu Seo/Chae.

"Kami tahu lawan kami besok merupakan pasangan yang bagus. Mereka bermain bagus saat mengalahkan Thailand. Kami harus mengantisipasi permainan mereka dan harus lebih siap," kata Praveen.

Andai kata Praveen/Jordan kalah dari Seo/Chae, bagaimana peluang lolos ke semifinal? Tetap ada.

Syaratnya adalah Marcus Ellis/Lauren Smith bisa mengalahkan Puavaranukroh/Taerattanachai. Secara hitungan di atas kertas, rasanya sulit bagi pasangan Inggris ini untuk meraih kemenangan.

Ini berarti skenario pertama, yaitu menang atas Seo/Chae, merupakan cara terbaik yang bisa dipilih Praveen/Melati jika ingin lolos ke semifinal.